Pohon Kehidupan (Pohon Kelapa)


Pohon Kehidupan (tree of life)

         Rasanya memang layak bila pohon kelapa di juluki sebagai pohon kehidupan (tree of life). Banyak buahnya, enak di lahap ketika masih muda yang biasa kita kenal duwegan, di parut lalu diperas untuk dijadikan santan sebagai bahan-bahan memasak untuk buah kelapa yang  sudah tua, air buah kelapa segar bisa langsung diminum sebagai pelunas dahaga, batok kelapanya bisa di pakai sebagai gayung, mangkuk minum jamu, bahkan sebagai bahan bakar arang untuk membakar sate atau ikan, tak ketinggalan daunya pun bisa dijadika atap rumah meski sekarang sudah jarang memanfaatkan daun kelapa sebagai atap rumah, sedangkan tulang pada daunnya bisa dijadikan sebagai sapu lidi, dan di daerah perkampungan dan desa pelepah daun kelapa sering dipakai untuk bahan bakar dalam memasak.

             Lalu apa yang tersisa..? yang tersisa hanya batang utama yang tingginya sampai sekitar 20-25 meter. Biasanya di desa-desa, batang pohon kelapa yang sudah kurang produktif di tebang dan di geletakan begitu saja di atas sungai kecil dan dimanfaatkan sebagai jembatan.

Informasi yang tersiar di beberapa media online menyatakan bahwa pusat penelitian di Filipina membuktikan pemanfaatan pohon kelapa dengan menunjukan rumah pohon kelapa. Semuanya dibuat dari pohon kelapa, mulai dari tiang, rangka atap, lantai, kusen, dinding, mebel, dan berbagai perabot rumah. Meski dalan statistik jumlah pohon kelapa di Indnesia mencapai lebih dari 250 juta pohon tersebar di 2,5 juta hektar lebih lahan perkebunan rakyat dan swasta hanya menguasai lebih dari 150 ribu hektar kalo ada dua batang disini yang 3 batang lagi berada beberapa puluh meter dari dua batang yang pertama.

         Memilih pohon kelapa juga harus teliti karna syaratnya, pohon harus berusia lebih dari 50 tahun dan buahnya sedikit, pohon kelapa yang masih hidup dan tingginya minimal 15 meter, batangnya lurus tidak boleh bengkok di tengah batangnya sehat tidak lapuk atau berlubang. dan lingkar batang minimal 90 cm. Namun yang menjadi persoalan mencari pohon kelapa yang berkualitas bukan perkara mudah apalagi dengan kriterian yang tersebut diatas. Bayangkan, hanya untuk mendapat 1 meter kubik pohon kelapa berkualitas saja, sekurang – kurangnya kita harus menebang 3 pohon kelapa. (Nita R./acr)

0 Response to "Pohon Kehidupan (Pohon Kelapa)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel