Definisi Kamera DSLR




Definisi Kamera DSLR

Dalam arti yang lebih harfiah, kamera DSLR adalah kamera digital otomatis dengan lensa tunggal. Artinya di dalam cover kamera terdapat sebuah cermin yang memantulkan cahaya yang berasal dari lensa dan mengirimkannya melalui prisma (dalam DSLR kelas atas) atau serangkaian cermin (biasanya dalam model yang lebih rendah) dan akhirnya sampai ke optik layar digital. Hal ini berfungsi untuk melihat objek yang kita foto, melalui lensa.

Ketika rana ditekan, cermin di dalam kamera membalik ke atas - yang mana secara otomatis bergerak dan mengirimkan cahaya yang datang melalui lensa langsung ke sensor bukan layar digital.

Keuntungan dari pengaturan ini, dibandingkan dengan kamera mirrorless atau point-and-shoot, adalah kita dapat melihat secara real-time, objek secara jelas yang menjadi target. Pada DSLR jarang terdapat lag atau kecenderungan terlambat dalam menampilkan objek yang menjadi target foto, sedangkan kecenderungan pada kamera point-and-shoots dan mirrorless sensor harus mentransfer objek yang terlihat/tergambar di layar digital yang terpisah pada kamera. Sisi negatifnya, kita tidak dapat melihat pratinjau pengaturan eksposur melalui layar digital seperti yang kita bisa lakukan pada kamera DSLR, karena kamera mirrorless tidak mempunyai layar digital untuk melihat objek yang akan di foto seperti DSLR.

Keuntungan lain menggunakan kamera DSLR yaitu pada bagian baterai, memiliki daya tahan yang cukup lama karena layar digital yang memerlukan daya yang kecil dalam pengoperasiannya.

Untuk fotografer pemula, kita bisa menggunakan kamera DSLR Canon EOS Rebel T7i, biasanya bagus untuk setidaknya 600 pemotretan, sementara model profesional, seperti Nikon 45-megapixel D850, memiliki baterai yang dapat bertahan lebih dari 1.000 eksposur.


Sumber: https://www.digitaltrends.com/photography/what-is-a-dslr-camera/

0 Response to "Definisi Kamera DSLR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel