Pantai Pangandaran



Berbicara mengenai Pantai, Indonesia memiliki banyak sekali pantai. Dari Sabang hingga Merauke, mulai dari yang kecil hingga yang luas sekalipun indonesia memilikinya.Di musim liburan ini, banyak yang memilih pantai sebagai destinasi liburan bersama keluarga, mungkin Pantai Pangandaran, Jawa Barat adalah pilihan sebagai destinasi liburan, karena pantai ini banyak sekali diminati oleh pengunjung luar maupun lokal.

Pantai Pangandaran atau istilah kerennya Pangandaran Beach, pasti bagi masyarakat Jawa Barat nama pantai tersebut sudah tidak asing lagi. Pantai dengan sejuta keindahan ini memang sudah terkenal dimana mana meskipun memang tidak sepopuler Raja Ampat, Kuta Bali ataupun pantai lainnya yang ada di Indonesia. Akan tetapi wisata air pantai pangandaran ini menyuguhkan pemandangan yang benar-benar membuat pengunjung betah berlama lama singgah dan kembali mengunjunginya. 

Hamparan pantai yang indah, suara gemuruh ombak yang bersahutan, dan jejeran perahu di pinggiran pantai sangat memanjakan mata para pengunjung. Disana pengunjung juga bisa bermain air sepuasnya di pinggiran pantai karena masih termasuk zona dangkal. Pengunjung tidak diperbolehkan berenang terlalu jauh dari pesisir pantai karena makin siang maka pantai semakin pasang, sekaligus untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Selain keindahan pantai, pangandaran juga mempunyai cagar alam dimana cagar alam tersebut sangat dijaga dengan beberapa jenis binatang yang tinggal di dalamnya contoh; monyet, beberapa jenis burung, dan beberapa satwa lainnya. Jika kita sedang beruntung, kita bisa menemukan adanya lutung (monyet kecil berwarna hitam) yang bergelantungan dipohon-pohon sekitar pantai.

Setelah pantai dan cagar alam, pengunjung juga disuguhkan dengan eksistensi taman di pinggiran jalan dekat pantai dekat bundaran. Pengunjung bisa ber-selfie maupun hanya sebatas nongkrong ditaman sepanjang pantai, juga tersedia lahan parkir yang cukup luas bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Disepanjang jalan pinggiran pantai, kita akan menemukan banyak kios yang menjual pernak-pernik khas pangandaran mulai dari baju, kalung, bahkan berbagai jenis asin (ikan kering) dan yang paling terkenal di pangandaran adalah asin jambal roti. Dan jika kita berlibur di Pangandaran, kita tidak perlu khawatir tentang tempat penginapan, karena ada banyak tempat penginapan disekitaran jalan pantai pangandaran bahkan tempat kuliner pun sudah banyak tersedia.

Sebelum pengunjung memasuki daerah pantai Pangandaran, pengunjung akan melewati pintu masuk terlebih dahulu dimana akan ada banyak petugas yang memberi arahan kepada pengunjung dan juga tempat membeli tiket masuk. Tiket masuk Pantai Pangandaran ini berkisar Rp.65.000 per kendaraan (roda 4). Pantai pangandaran ini terbuka untuk pengunjung setiap hari dari pagi hingga pagi kembali terkecuali kondisi tertentu.

Tempat wisata lain yang ada di Pangandaran dan letaknya tidak jauh dari pantai pangandaran diantaranya Pantai Batu Karas, Citumang Pangandaran (aliran sungai yang membelah hutan jati dengan air yang kehijauan tapi jernih), Green Canyon/Cukang Taneuh (Aliran Sungai Cijulang yang melintasi dan menembus gua yang penuh keindahan pesona stalaktif & stalakmitnya), dan masih banyak lagi.

Di Pantai pangandaran ini juga terdapat pantai dengan pasir putih dan juga ada taman laut. Pengunjung bisa mengaksesnya dengan menaiki perahu yang tersedia, terdapat tarif tertentu jika pengunjung ingin melihat pantai pasir putih dan taman laut itu.

Baru baru ini, Pangandaran sedang heboh dikarenakan tertangkapnya kapal milik warga negara asing yang melakukan eksploitasi biota laut ilegal, kapal tersebut diledakkan di tengah-tengah pantai pangandaran. Bangkai kapal tersebut masih ada hingga sekarang pengunjung masih bisa melihatnya.

Pantai pangandaran ini terletak di sebelah Tenggara Jawa Barat tepatnya di Jl. Pamugaran Bulak Laut Pangandaran Desa Pangandaran Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran (pemekaran dari Kabupaten Ciamis). (gggia7/acr)

1 Response to "Pantai Pangandaran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel