Kaliki, Tumbuhan yang Berbunga Menyerupai Buah Rambutan



Kaliki, Tumbuhan yang Berbunga Menyerupai Buah Rambutan

Tanpa sengaja saat berjalan menyusuri kebun di belakang rumah, terlihat tumbuhan yang bentuknya sedikit aneh dan jarang ditemui. Tanpa pikir panjang penulis mengabadikan tumbuhan tersebut menggunakan kamera smartphone. 

Sambil masih dengan perasaan heran, penulis berusaha mencari tahu tentang nama tumbuhan yang baru saja dilihat dan di abadikan dalam sebuah foto. Setelah berusaha mencarai info dan tanya sana sini, akhirnya penulis mendapatkan info mengenai tumbuhan tersebut, dan ternyata tumbuhan itu biasa disebut dan dinamakan Kaliki, mirip salah satu nama kecamatan di Bandung (Pasir Kaliki).

Kaliki adalah salah satu jenis tanaman semak yang ada di indonesia. Kaliki terdiri dari beberapa jenis, seperti yang terlihat dari foto merupakan jenis tumbuhna Kaliki yang berbatang warna merah, ada juga Kaliki yang berbatang warna putih. Kaliki umumya merupkan tanaman yang tingginya hanya sampai kurang dari setengah meter. 

Sebagian besar jenis tumbuhan Kaliki ini mempunyai daun yang besarnya antara 10-15 cm, daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 7 atau 9 sampai 15 anak daun, dan bentuk daun tanaman ini berbentuk seperti daun singkong, namun mempunyai diameter yang lebih lebar. Ciri-ciri Kaliki yaitu memiliki bunga yang menyerupai buah rambutan, berbulu seperti buah rambutan dan berbentuk bulat. 

Sebagian dari jenis tanaman ini batangnya mirip dengan batang daun singkong warna batangnya ada yang berwarna merah di sebut Kaliki Merah dan ada juga yang berwarna putih di sebut Kaliki Putih. (aep/acr)



0 Response to "Kaliki, Tumbuhan yang Berbunga Menyerupai Buah Rambutan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel