Sejuknya Mata Air Cipaneguh, Cipatat


Mata Air Cipaneguh Gunung Batu - Cipatat

Berawal dari postingan foto-foto liburan salah satu teman di media sosial (facebook), di tempat kelahirannya, rasanya tidak asing dan mengenal tempat yang ada di foto-foto tersebut.

Sebuah mata air yang tetap mengalir dengan jernihnya meski musim kemarau, dan menjadi salah satu sumber air bersih yang disalurkan dengan media paralon menuju pemukiman warga sekitar kampung Gunung Batu Desa Ciptaharja, itulah tempat keberadaan mata air saat ini. seolah teringat saat masih bersekolah di Sekolah Menengah Umum Negeri 1 Cipatat dahulu, saat kegiatan hiking Paskibra sempat mengunjungi tempat tersebut karena letaknya berada di kawasan bukit Gunung Batu tepat dibelakang Sekolah Menengah Umum Negeri 1 Cipatat tempat penulis menimba ilmu.

Namun meski beberapa tahun kebelakang sempat berkunjung ke mata air tersebut, namun baru beberapa waktu lalu penulis mengetahui nama tempat mata air tersebut mengalir. Cipaneguh, betul nama mata air tersebut adalah Mata Air Cipaneguh yang berada di perbukitan Gunug Batu Desa Ciptaharja Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat.

Mata Air Cipaneguh, selain sebagai sumber air bersih bagi warga masyarakat kampung Gunung Batu Desa Ciptaharja, tempat tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata lokal yang lokasinya terjangkau tidak telalu jauh dari rumah namun memiliki pemandangan yang tak kalah indah dengan tempat-tempat wisata alam lainnya di Bandung Barat. Kita bisa berkunjung ke Mata Air Cipaneguh untuk sekedar rekreasi, liliwetan dan botram bareng keluarga, yang tentunya sudah sering dilakukan oleh masyarakat Gunung Batu, Ciptaharja maupun Kecamatan Cipatat yang mengetahui lokasi mata air cipaneguh, karena belum banyak yang mengetahui keberadaan tempat tersebut, dan harapan penulis kawasan mata air cipaneguh tetap terjaga dan terawat keasriannya meski sering dikunjungi.


Bagi temen-temen yang penasaran dan berencana mengunjungi mata air cipaneguh, bisa melalui rute jalan Desa Ciptaharja yang bisa diakses dari jalan raya Provinsi Bandung – Cianjur, tepat di sebelah timur Kantor Kecamatan Cipatat. Kita hanya perlu menyusuri jalan Desa Ciptaharja sampai terlihat gedung Kantor Desa Ciptaharja dan komplek Sekolah (SMAN 1 Cipatat, SDN & MI Ciptaharja, MTs Al-Mukhtariyah Ciptaharja), tepat di pertigaan depan MTs Al-Mukhtariyah Ciptaharja belok ke kiri arah ke kampung Gunung Batu sampai penghujung jalan kita harus berhenti dan memarkirkan kendaraan, bisa di titipkan ke pekarangan rumah warga sekitar. Untuk mencapai lokasi mata air cipaneguh kita harus berjalan kaki, dikarenan akses jalan setapak yang masih terjaga keasrianya dengan suasana perbukitan yang rindang oleh pepohonan.

Selamat ber hiking ria untuk temen-temen yang berencana mengunjungi mata air cipaneguh, dan ucapan terimakasih kepada teman yang memiliki akun facebook Siti Himmah Millatiyah, yang telah mengizinkan penulis untuk memposting foto-foto liburannya dan menulis tentang Mata Air Cipaneguh. (acr)

0 Response to "Sejuknya Mata Air Cipaneguh, Cipatat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel