Cibolang, Destinasi Wisata Air Panas Bandung Selatan


Cibolang, Destinasi Wisata Air Panas Bandung Selatan

Kota Bandung memang terkenal dengan wisata kulinernya, namun wisata alam terbuka juga tidak kalah terkenalnya. Mulai dari kawasan Gunung Tangkuban Perahu di kawasan utara Bandung, alun-alun kota Bandung dengan Masjid Raya Bandung serta bangunan-bangunan bersejarah sebagai tujuan utama wisatawan lokal maupun mancanegara, sampai ke kawasan selatan Bandung yang terkenal sebagai destinasi wisata air panas Ciwalini, situ Patenggang (danau) maupun camping ground Ranca Upas Ciwidey.

Namun selain kawasan Ciwidey dengan beribu pesona alamya, ternyata kawasan Bandung selatan tepatnya di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung masih terdapat banyak destinasi wisata yang masih jarang tersentuh oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, salah satunya yaitu pemandian air panas Cibolang atau sering disebut juga Cibolang Hot Spring.


Obyek Wisata Pemandian Air Panas Cibolang atau lebih dikenal dengan Cibolang Hot Spring, merupakan wisata pemandian air panas yang air panasnya bersumber dari Gunung Windu. Dimana mata air pemandian air panas Cibolang mengandung belerang serta mineral lain dengan kadar yang cukup untuk kesehatan kulit, hal tersebut dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai sarana untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, terutama rematik.

Pemandian air panas Cibolang terletak di Desa Wayang Windu, Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat. Pemandian air panas Cibolang terletak di ketinggian 1.450 meter di atas permukaan laut ini memiliki suhu udara menyejukan berkisar 23-25⁰ C, di sekelilingnya terhampar keindahan alam hutan memanjakan setiap mata yang memandang, kolaborasi antara rindangya pepohonan dan kicauan burung serta suara serangga yang menambah harmoni di sekitar pemandian air panas Cibolang.

Bagi yang tertarik dan berencana mengunjungi pemandian air panas Cibolang, tidak ada salahnya kita mengetahui berapa biaya yang harus disiapkan. Untuk tarif masuk kawasan pemandian air panas Cibolang per-orang Rp. 10.000,. dengan tarif masuk kendaraan bermotor antara lain, motor Rp.2000,. mini bus Rp.5000,. dan bus/truk Rp. 20.000,..

Dan untuk menuju lokasi pemandian Cibolang Hot Spring, dari arah barat (Jakarta, Bogor, Sukabumi, Cianjur) kita bisa menempuh jalur Soreang yang mengarah ke Banjaran dan selanjutnya langsung ke Kecamatan Pangalengan. Sedangkan dari arah timur (Garut, Tasikmalaya, Sumedang) kita bisa menempuh jalur Majalaya yang mengarah ke Pacet-Kertasari selanjutnya langsung ke Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Sebagai tanda bahwa kita sudah mendekati kawasan pemandian air panas Cibolang, salah satunya adalah jalan yang sedikit berbatu khas perkebunan teh malabar. (acr)

0 Response to "Cibolang, Destinasi Wisata Air Panas Bandung Selatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel