Outbond Wana Mandala Cengkrong, Cipatat

Cengkrong, merupakan sebuah nama tempat destinasi wisata yang barangkali sering atau baru pertama kali kita dengar. namun sepengetahuan penulis, tempat wisata yang mempunyai nama Cengkrong ada dua, dimana Cengkrong yang pertama adalah sebuah hamparan pantai yang berada di Trenggalek Jawa Timur dan Wana Mandala Cengkrong sebuah camping ground yang berada di Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Kali ini penulis mencoba untuk menginformasikan tempat wisata yang bernama Wana Mandala Cengkrong.

Wana Mandala Cengkrong atau sering disebut sebagai Cengkrong saja, merupakan sebuah destinasi wisata camping ground, outbond, flying fox, jelajah alam bahkan arung jeram yang berada di areal perkebunan PTPN VIII Rajamandala Desa Rajamandala Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat.

Untuk mencapai Wana Wisata Cengkrong, kita bisa melewati jalan perkebunan PTPN VIII Rajamandala yang sudah digunakan secara umum. Dari Jalan Provinsi arah Bandung – Cianjur, kita belok melalui pertigaan Saguling Desa Rajamandala ditandai dengan keberadaan Toserba Selamat atau tepat Pos 1 PTPN VIII Rajamandala. Dari Pos 1 kita lurus sampai menemukan Pos 2 yang ditandai dengan sebuah portal jalan jika ingin melewati jalan tersebut. Dari Pos 2 kita akan mendapati jalan berkelok dan naik turun, selepas jembatan dan tanjakan berkelok yang lumayan panjang kita akan menjumpai sebuah plang atau baligho Wana Wisata Cengkrong di sebelah kiri jalan. Ada sebuah jalan berbatu yang sedikit menanjak, nah itualah jalan masuk menuju Wana Wisata Cengkrong dimana areal Cengkrong sendiri merupakan sebuah hamparan pohon pinus milik perhutani yang di kelolas sebagai tempat untuk camping dan outbond.

Sebagai informasi, untuk pengunjung yang berniat camping, outbond atau sekedar botram plus selfie di Wana Wisata Cengkrong, pengunjung akan dipungut tiket masuk sebesar IDR 10.000. Disana juga menyediakan jasa penyewaan tenda untuk kamping, jika kita berniat kamping dan tidak membawa tenda sendiri. (acr)

0 Response to "Outbond Wana Mandala Cengkrong, Cipatat"