Robot Mini Perawat Pesawat


Robot Mini Perawat Pesawat

Rolls Royce mengembangkan robot mini yang bisa merangkak masuk kedalam mesin pesawat. Tak cuma menyelinap, robot berukuran kecoak ini bahkan bisa menemukan dan memperbaiki masalah yang ada di dalam pesawat.

Dilansir dari CNBC, produsen mesin tersebut mengklaim robot mini ini bisa meningkatkan perawatan mesin pesawat. Robot ini juga mempercepat teknisi untuk memperbaiki pesawat.

“Robot ini bisa keluar dengan cepat untuk mencapai semua bagian yang berbeda dari ruang bakar,” kata pakar teknologi Rolls Royce, James Kell. Kell menyatakan, robot mini ini bisa menghemat waktu perbaikan, misalnya mengidentifikasi masalah dalam mesin pesawat. “Dengan cara biasa, kami bisa menghabiskan waktu lima jam. Dengan robot-robot mini ini, siapa tahu waktunya menjadi lima menit,” kata dia.

Untuk membuat robot tersebut, Rolls Royce bekerja sama dengan pakar robotic di Harvard University, Amerika Serikat, dan University of Nottingham, Inggris. Peneliti dari Harvard Institute, Sebastian de Rivaz, mengatakan ispirasi robot mini ini terinspirasi dari kecoak dan telah dikembangkan selama delapan tahun.

Dengan tubuh terpasang kamera, robot ini bisa mengecil sampai ukuran 15 milimeter dan mengirimkan gambar tiga dimensi ke pusat pengendali. Robot tersebut akan dekendalikan dari pusat pengendalian di Derby, Inggris. (acr)***

0 Response to "Robot Mini Perawat Pesawat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel