Cara Memegang Kamera DSLR dan Camcorder

Didalam menggunakan peralatan Multimedia, khususnya kamera DSLR maupun Camcorder ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, antara lain :

A. Cara Memegang Kamera DSLR

1. Posisi Jemari Tangan Kiri
Kita bisa menggunakan tangan kiri untuk memegang lensa. Gunakan tangan kiri sebagai tumpuan kamera dengan berada diantara bodi dan lensa. Kita harus bisa posisikan jemari tangan kiri untuk memudahkan jemari memutar lensa untuk melakukan zoom atau focus. Sebaiknya jangan menggunakan atau memegang kamera dengan satu tangan saja. Pasalnya, kamera akan mudah sekali terkena guncangan sehingga akan sulit untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus dan tajam. Bila kamu terpaksa menggunakan satu tangan saja, sebaiknya jangan lupa gantung kamera di leher.



2. Posisi Sikut
Kita juga bisa merapatkan siku ke badanmu agar kamera lebih stabil. Semakin terbuka siku dan jauh dari badan, maka pegangan pada kamera akan tidak stabil dan mudah goyang. Sayangnya, banyak fotografer pemula yang sering salah dalam posisi ini. Padahal sikut tangan menjadi tumpuan dalam kestabilan kamera. Kita juga bisa menggunakan tangan kiri secara horizontal untuk dijadikan tumpuan lensa kamera, hal ini berguna untuk menstabilkan kamera.




B. Cara Memegang Kamera Camcorder

1. Posisi Kamera
Letakkan Kamera Video di Bahu atas bagian kiri pastikan saat meletakkan kamera video di bahu berada di posisi yang tepat supaya kita merasa nyaman. Letakkan tangan kanan di pegangan kamera yang tersedia. Sementara tangan kiri bisa diletakkan di bagian zoom atau bagian layar tampilan gambar.

2. Berdiri dengan Posisi yang Benar
Satu lutut sedikit membengkok, posisi kaki bersudut 45 derajat satu sama lain. Meskipun sederhana, teknik ini benarbenar berpengaruh pada hasil rekaman Anda. Berdirilah dengan sebelah kaki sedikit berada di depan lainnya. Cara ini akan meningkatkan kestabilan badan sehingga Anda bisa berdiri lebih kokoh. Seperti dalam teknik silat, posisi kuda-kuda akan menentukan kekokohan badan Anda.



Ditulis oleh: Widya Ayu Meilanie, Yani Andriani, Ai Nurhayati, Shintia Rachma

2 Responses to "Cara Memegang Kamera DSLR dan Camcorder"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel