Cara Perawatan Perangkat Keras (Hardware) Komputer

Ilustrasi


Dengan melakukan perawatan pada komponen perangkat keras akan membuat komputer dapat bertahan lama dalam kondisi yang baik. Sebelum melangkah jauh terlebih dahulu kita harus memahami apa saja jenis-jenis perawatan komputer. Perawatan komputer dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Perawatan Pasif
Perawatan pasif adalah perawatan computer yang tidak diesertai dengan perbaikan, umumnya dalam perawatan pasif biasanya hanya mengecek kondisi perangkat dan membersihkannya. Untuk perawatan pasif lebih terjadwal dalam perawatannya, misal sebulan sekali. Contoh perawatan CPU / Prosesor harus sering di cek kondisinya ketika keadaan thermal paste sudah kering agar segera di ganti supaya panas pada prosesor dapat berpindah sempurna ke heatsink.

2. Perawatan Aktif
Perawatan aktif adalah perawatan yang disertai dengan perbaikan, biasanya ketika terjadi sebuah masalah kita baru melakukan perawatan. Contoh pada saat keyboard macet kita baru mengecek dan memperbaiki keyboard kenapa bisa macet. Dalam perawatan aktif lebih condong ke perbaikan jika komputer atau laptop sudah mengalami trouble.


Jenis Perawatan Komputer
Dalam melakukan perawatan perangkat keras komputer, baik perawatan aktif maupun perawatan pasif terbagi menjadi dua, yaitu:

1. Perawatan Hardware
Perawatan hardware adalah perawatan yang dilakukan pada hardware/perangkat keras komputer itu sendiri. Misal perawatan hardware; hardisk, monitor, dll.

2. Perawatan Software
Perawatan software adalah perawatan yang dilakukan dengan bantuan software aplikasi, yaitu perawatan yang tidak bisa dilakukan oleh kita sendiri, akan tetapi yang melakukan perawatan adalah komputer itu sendiri dengan bantuan sistem aplikasi.


Cara Melakukan Perawatan Perangkat Keras (Hardware) komputer
Agar perangkat keras komputer tetap baik, maka perlu dilakukan perawatan secara berkala. Adapun langkah merawat perangkat keras komputer sebagai berikut:

1. Sebisa mungkin tegangan listrik yang di konsumsi komputer tetap stabil. tegangan listrik yang terlalu rendah dan terlalu tingg dua-duanya merusak perangkat keras komputer oleh karena itu gunakanlah Stabilizer dan UPS uantuk menjaga hal tersebut.
2. Hidup matikan komputer sesuai prosedur, jangan sekali-kali langsung mencabut kabel listrik komputer pada saat komputer sedang beroperasi, syarat ini juga mutkal berlaku untuk komputer " hang " sekalipun. tindakan ini sangat berbahaya pada kestabilan power supply komputer.
3. Komputer harus terhindar dari sengatan matahari langsung.
4. Jangan menaruh gelas dll berisi air demi menghindari siraman air pada perangkat keras.
5. Hindari penempatan peralatan yang bersifat/dapat menimbulkan magnet di sekitar komputer, karena ini akan mengacau monitor dan ini dapat merusak perangkat keras internal unit cpu.
6. Secara berkala bersihkan komputer dari debu yang melekat dengan menggunakan kuas cat, lap halus alat penyedot debu udara (vacum mini cleaner).


1 Response to " Cara Perawatan Perangkat Keras (Hardware) Komputer "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel