UTS Multimedia X

UTS adalah singkatan dari Ujian Tengah Semester, yang diselenggarakan pada pertengahan semester di tiap satuan pendidikan, termasuk yang di laksankan di SMK Negeri 1 Cipatat Kabupaten Bandung Barat. 

Satu semester sama dengan 6 bulan, maka penyelenggaraan UTS biasa dilaksanakan setelah proses belajar mengajar berjalan kurang lebih 3 bulan. Nilai hasil UTS sangat penting bagi para siswa, karena menjadi salaha satu penilaian akhir dalam satu semester termasuk nilai Ulangan Harian, UTS dan UAS.


Setiap sekolah memiliki komposisi penilaian yang berbeda untuk nilai UTS, termasuk di SMK Negeri 1 Cipatat.

Berikut adalah soal UTS Multimedia, untuk mata pelajaran Prinsip-prinsip Seni Grafis dalam Desain Komunikasi Visual.

Soal UTS

1. Apa yang di maksud dengan desain grafis..?
2. Definisi estetika dalam desain grafis adalah..?
3. Sebutkan tiga software apa saja yang dapat digunakan dalam desain grafis..?
4. Apa yang dimaksud dengan gambar perspektif..? sebutkan macamnya..!
5. Manfaat desain grafis dalam bidang pendidikan adalah..? 

Selamat Mengerjakan, semoga sukses.

32 Responses to "UTS Multimedia X"

  1. IHSAN MUHAMMAD ALIYAFIE
    MULTIMEDIA SMKN 1 CIPATAT

    1. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.

    2. Estetika adalah seperti rambut wanita yang dapat mempercantik penampilannya, adalah seperti pakaian yang dipakai yang dapat mempercantik dan merubah tampilan karakter dalam sekejap.Desain grafis dan estetika adalah bagaikan wanita dengan rambutnya. Tanpa estetika desain grafis hanyalah sebatas informasi yang dilihat namun tidak memiliki kesan. Kesan disini seperti karakter seseorang yang membawa kesan terhadap orang lain. Makanya mengerjakan desain grafis haruslah dengan sepenuh hati sehingga estetika yang hadir tidak setengah-setengah.

    3. - Adobe Photoshop CS3
    - CorelDraw X3
    - Blender Terbaru
    - Google SkecthUp 8.0
    - The Gimp 2013
    - Picasa
    - Adobe After Effect
    - Autocad
    - Macromedia Flash

    4. Gambar Perspektif adalah Satu, Dua dan Tiga Titik Hilang
    Perspektif secara umum berarti gambar yang digunakan untuk mengkomunikasikan objek berupa benda, ruang, lingkungan yang terlihat oleh mata manusia ke dalam biddang datar. Gambar perspektif adalah gambar yang teknisnya menggunakan titik hilang. Gambar perspektif sendiri merupakan wujud dari gambar tiga dimensi.

    5. 1. Mempercepat proses belajar mengajar dengan cara menyajikan suatu pelajaran dalam bentuk grafis
    2. Memperkenalkan dunia desain grafis kepada siswa sehingga siswa dapat mengimplementasikannya di dalam lingkungannya.
    3. Memperkenalkan kepada siswa tentang program aplikasi desain grafis.

    Sekian :D

    ReplyDelete
  2. 1. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain). Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak....

    2. Estetika adalah seperti rambut wanita yang dapat mempercantik penampilannya, adalah seperti pakaian yang dipakai yang dapat mempercantik dan merubah tampilan karakter dalam sekejap. Bila seseorang memiliki penampilan buruk, rambut tidak pernah di sampo atau disisir (maksudnya bukan rambut gimbal yang memang disisir ga disisir sama aja), muka kusam tidak cerah, pakaian seperti gembel, tentu rata-rata orang tidak tertarik dengan penampilan seperti ini. Coba bandingkan, perempuan atau laki-laki yang berpenampilan menarik, tentu rata-rata orang menyukai penampilannya, senang bersama dengannya dan memiliki kesan yang baik. Jadi,estetika sebenarnya sudah ada di dalam diri setiap orang. Tinggal orang yang bersangkutan mau tidak meningkatkan kepekaannya terhadap nilai rasa estetika yang sudah ada tersebut. Kalau saya istilahkan mungkin namanya estetika ke dalam.

    3. Adobe Illustrator , Adobe InDesign dan Adobe Flash


    4. Menurut Leonardo da Vinci, perspektif adalah sesuatu yang alami yang menampilkan yang datar menjadi relative dan yang relative menjadi datar. Perspektif adalah suatu system matematikal untuk memproyeksikan bidang tidak dimensi ke dalam bidang dua dimensional, seperti kertas atau kanvas. Kata “perspektif” berasal dari bahasa Italia, “prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”. Konstruksi perspektif memungkinkan kita untuk menggambar sebuah benda atau ruang secara nyata di atas sebuah bidang datar (bidang gambar) atau untuk memperjelas sebuah rencana yang telah digambarkan secara proyeksi geometri (tampak atas, depan dan samping). Gambar perspektif juga bisa diartkan sebagai gambar yang teknisnya menggunakan titik hilang. Gambar perspektif merupakan wujud dari gambar tiga dimensi


    5. Manfaat Desain Grafis
    1. Di Bidang Pendidikan
    Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.
    2. Di Bidang Hiburan
    Tidak memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.

    ReplyDelete
  3. yg atas Raka Aditya Lesmana, SMKN 1 CIPATAT (MULTIMEDIA)



    Lupa, (ketingalan)

    ReplyDelete
  4. 1. Desain grafis penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin.
    Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis komunikasi lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan (mendesain) atau pun produk yang dihasilkan (desain/rancangan). Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik - yang sering kali disebut sebagai "desain interaktif" (interactive design), atau "desain multimedia" (multimedia design')

    2. Pengertian Estetika
    Kata estetika berasal dari kata Yunani aesthesis yang berarti perasaan, selera perasaan atau taste. Dalam prosesnya Munro mengatakan bahwa estetika adalah cara merespon
    terhadap stimuli, terutama lewat persepsi indera, tetapi juga dikaitkan dengan proses kejiwaan, seperti asosiasi, pemahaman, imajinasi, dan emosi. Ilmu estetika adalah suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan, mempelajari semua aspek dari apa yang kita sebut keindahan.

    3. Software Desain Grafis :

    ¬¬¬¬Adobe Photoshop
    Adobe Illustrator
    Adobe Indesign
    Coreldraw
    GIMP
    Inkscape
    Adobe Freehand
    Adobe image ready
    Adobe Page Maker


    4. gambar perspektif
    Menurut Leonardo da Vinci, perspektif adalah sesuatu yang alami yang menampilkan yang datar menjadi relative dan yang relative menjadi datar. Perspektif adalah suatu system matematikal untuk memproyeksikan bidang tidak dimensi ke dalam bidang dua dimensional, seperti kertas atau kanvas. Kata “perspektif” berasal dari bahasa Italia, “prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”.
    Konstruksi perspektif memungkinkan kita untuk menggambar sebuah benda atau ruang secara nyata di atas sebuah bidang datar (bidang gambar) atau untuk memperjelas sebuah rencana yang telah digambarkan secara proyeksi geometri (tampak atas, depan dan samping).
    Gambar perspektif juga bisa diartkan sebagai gambar yang teknisnya menggunakan titik hilang. Gambar perspektif merupakan wujud dari gambar tiga dimensi.
    Macam macam Gambar Perspektif dilihat dari Titik Hilang
    • Perspektif satu titik hilang
    • Perspektif dua titik hilang
    • Perspektif tiga titik hilang
    5. Manfaat Desain GrafisDi Bidang Pendidikan
    Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.

    ReplyDelete
  5. Nama : Ridwan kusumah
    Kelas : x (multimedia)
    SMKN 1 CIPATAT

    1. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
    Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di
    dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak....
    2. Estetika adalah salah satu cabang filsafat. Secara sederhana, estetika adalah ilmu yang membahas keindahan, bagaimana ia bisa terbentuk, dan bagaimana seseorang bisa merasakannya. Pembahasan lebih lanjut mengenai estetika adalah sebuah filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris, yang kadang dianggap sebagai penilaian terhadap sentimen dan rasa. Estetika merupakan cabang yang sangat dekat dengan filosofi seni.
    3.- Desktop publishing
    -Webdesign
    -Rendering 3 Dimensi
    -Audiovisual
    4. Perspektif secara umum berarti gambar yang digunakan untuk mengkomunikasikan objek berupa benda, ruang, lingkungan yang terlihat oleh mata manusia ke dalam biddang datar. Gambar perspektif adalah gambar yang teknisnya menggunakan titik hilang. Gambar perspektif sendiri merupakan wujud dari gambar tiga dimensi.
    -Gambar Perspektif Satu Titik Hilang
    -Gambar Perspektif Dua Titik Hilang
    -Gambar Perspektif Tiga Titik Hilang
    5. 1. Mempercepat proses pekerjaan dengan cara menyajikan suatu pekerjaan dalam bentuk grafis.
    2. Memperkenalkan dunia desain grafis kepada masyarakat luas (secara umum) sehingga dapat diimlementasikan di dalam lingkunganya.
    3. Memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang program aplikasi desain grafis.
    4. Mempersiapkan masyarakat (generasi muda/mahasiswa/kaum terpelajar) agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan yang disampaikan dalam bentuk grafis.

    ReplyDelete
  6. nama : rivaldiy septian
    klas : x MM

    1.Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi.Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.

    Desain Grafis juga merupakan ilmu yang mempelajari tentang media untuk menyampaikan informasi, ide, konsep, ajakan dan sebagainya kepada khalayak dengan menggunakan bahasa visual.

    2. Estetika adalah hal yang mempelajari kualitas keindahan dari obyek, maupun daya impuls dan pengalaman estetik pencipta dan pengamatannya.

    3.3. Software Desain Grafis :

    ¬¬¬¬Adobe Photoshop
    Adobe Illustrator
    Adobe Indesign
    CoreldrawInkscape
    Adobe Freehand
    Adobe image ready
    Adobe Page Maker

    4.perspektif adalah sebuah dasar pendidikan seni dan besar artinya untuk lingkup penggunaan yang sangat luas seperti arsitek, orang-orang teknik mesin, dan para desainer. Menurut Leonardo da Vinci, perspektif adalah sesuatu yang alami yang menampilkan yang datar menjadi relief dan yang relief menjadi datar. Perspektif adalah suatu sistem matematikal untuk memproyeksikan bidang tiga dimensional ke dalam bidang dua dimensional, seperti kertas atau kanvas. Kata “Perspektif” berasal dari kata bahasa Itali “Prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”.

    5.1. Mempercepat proses pekerjaan dengan cara menyajikan suatu pekerjaan dalam bentuk grafis.
    2. Memperkenalkan dunia desain grafis kepada masyarakat luas (secara umum) sehingga dapat diimlementasikan di dalam lingkunganya.
    3. Memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang program aplikasi desain grafis.
    4. Mempersiapkan masyarakat (generasi muda/mahasiswa/kaum terpelajar) agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan yang disampaikan dalam bentuk grafis.

    ReplyDelete
  7. 1.Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.
    Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Orang yang bekerja dalam bidang ini di sebut seorang Desainer

    2.Estetika adalah hal yang mempelajari kualitas keindahan dari obyek, maupun daya impuls dan pengalaman estetik pencipta dan pengamatannya.

    3. Software Desain Grafis :

    ¬¬¬¬Adobe Photoshop
    Adobe Illustrator
    Adobe Indesign
    Coreldraw
    Adobe Freehand
    Adobe image ready
    Adobe Page Maker

    4.perspektif adalah sebuah dasar pendidikan seni dan besar artinya untuk lingkup penggunaan yang sangat luas seperti arsitek, orang-orang teknik mesin, dan para desainer. Menurut Leonardo da Vinci, perspektif adalah sesuatu yang alami yang menampilkan yang datar menjadi relief dan yang relief menjadi datar. Perspektif adalah suatu sistem matematikal untuk memproyeksikan bidang tiga dimensional ke dalam bidang dua dimensional, seperti kertas atau kanvas. Kata “Perspektif” berasal dari kata bahasa Itali “Prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”.

    5. 1. Mempercepat proses pekerjaan dengan cara menyajikan suatu pekerjaan dalam bentuk grafis.
    2. Memperkenalkan dunia desain grafis kepada masyarakat luas (secara umum) sehingga dapat diimlementasikan di dalam lingkunganya.
    3. Memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang program aplikasi desain grafis.
    4. Mempersiapkan masyarakat (generasi muda/mahasiswa/kaum terpelajar) agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan yang disampaikan dalam bentuk grafis.

    ReplyDelete
  8. NAMA: EGI HERMAWAN
    KELAS:X-MM
    1.Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.
    Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Orang yang bekerja dalam bidang ini di sebut seorang Desainer
    2. Pengertian Estetika
    Kata estetika berasal dari kata Yunani aesthesis yang berarti perasaan, selera perasaan atau taste. Dalam prosesnya Munro mengatakan bahwa estetika adalah cara merespon
    terhadap stimuli, terutama lewat persepsi indera, tetapi juga dikaitkan dengan proses kejiwaan, seperti asosiasi, pemahaman, imajinasi, dan emosi. Ilmu estetika adalah suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan, mempelajari semua aspek dari apa yang kita sebut keindahan.
    3. Software Desain Grafis :

    ¬¬¬¬Adobe Photoshop
    Adobe Illustrator
    Adobe Indesign
    Coreldraw
    Adobe Freehand
    Adobe image ready
    Adobe Page Maker3. Software Desain Grafis :

    ¬¬¬¬Adobe Photoshop
    Adobe Illustrator
    Adobe Indesign
    Coreldraw
    Adobe Freehand
    Adobe image ready
    Adobe Page Maker
    4.perspektif adalah sebuah dasar pendidikan seni dan besar artinya untuk lingkup penggunaan yang sangat luas seperti arsitek, orang-orang teknik mesin, dan para desainer. Menurut Leonardo da Vinci, perspektif adalah sesuatu yang alami yang menampilkan yang datar menjadi relief dan yang relief menjadi datar. Perspektif adalah suatu sistem matematikal untuk memproyeksikan bidang tiga dimensional ke dalam bidang dua dimensional, seperti kertas atau kanvas. Kata “Perspektif” berasal dari kata bahasa Itali “Prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”.

    5. Manfaat Desain GrafisDi Bidang Pendidikan
    Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.

    ReplyDelete
  9. nama:Den'da
    klas :mm"x"
    5.Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.
    4.perspektif adalah sesuatu yang alami yang menampilkan yang datar menjadi relative dan yang relative menjadi datar. Perspektif adalah suatu system matematikal untuk memproyeksikan bidang tidak dimensi ke dalam bidang dua dimensional, seperti kertas atau kanvas. Kata “perspektif” berasal dari bahasa Italia, “prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”.1. Perspektif dengan satu titik hilang
    2. Perspektif dengan dua titik hilang
    3. Perspektif dengan tiga titik hilang

    3. CorelDraw, Adobe Photoshop, Macromedia Freehand

    2.Estetika adalah hal yang mempelajari
    kualitas keindahan dari obyek, maupun daya
    impuls dan pengalaman estetik pencipta dan
    pengamatannya.

    1. Merupakan program perangkat lunak yang digunakan untuk berbagai keperluan khususnya menyampaikan informasi yang seefektif mungkin dengan menggunakan gambar.

    ReplyDelete
  10. nama:irpan abdul mubarok
    klas : mm x

    1. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.

    2.Estetika adalah hal yang mempelajari kualitas keindahan dari obyek, maupun daya impuls dan pengalaman estetik pencipta dan pengamatannya.

    3. CorelDraw, Adobe Photoshop, Macromedia Freehand

    4. Menurut Leonardo da Vinci, perspektif adalah sesuatu yang alami yang menampilkan yang datar menjadi relative dan yang relative menjadi datar. Perspektif adalah suatu system matematikal untuk memproyeksikan bidang tidak dimensi ke dalam bidang dua dimensional, seperti kertas atau kanvas. Kata “perspektif” berasal dari bahasa Italia, “prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”.

    5.Tidak dapat dipungkiri dalam kehidupan ini bahwa desain grafis banyak dimanfaatkan dalam desain komunikasi dan fine art. Oleh karena itu, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metode merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), ataupun disiplin ilmu yang digunakan (desain). Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.


    ReplyDelete
  11. nama :pigi wipkoh
    kelas : x mm

    1.Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.
    Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Orang yang bekerja dalam bidang ini di sebut seorang Desainer
    2. Pengertian Estetika
    Kata estetika berasal dari kata Yunani aesthesis yang berarti perasaan, selera perasaan atau taste. Dalam prosesnya Munro mengatakan bahwa estetika adalah cara merespon
    terhadap stimuli, terutama lewat persepsi indera, tetapi juga dikaitkan dengan proses kejiwaan, seperti asosiasi, pemahaman, imajinasi, dan emosi. Ilmu estetika adalah suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan, mempelajari semua aspek dari apa yang kita sebut keindahan.
    3. Software Desain Grafis :

    ¬¬¬¬Adobe Photoshop
    Adobe Illustrator
    Adobe Indesign
    Coreldraw
    Adobe Freehand
    Adobe image ready
    Adobe Page Maker3. Software Desain Grafis :

    ¬¬¬¬Adobe Photoshop
    Adobe Illustrator
    Adobe Indesign
    Coreldraw
    Adobe Freehand
    Adobe image ready
    Adobe Page Maker
    4.perspektif adalah sebuah dasar pendidikan seni dan besar artinya untuk lingkup penggunaan yang sangat luas seperti arsitek, orang-orang teknik mesin, dan para desainer. Menurut Leonardo da Vinci, perspektif adalah sesuatu yang alami yang menampilkan yang datar menjadi relief dan yang relief menjadi datar. Perspektif adalah suatu sistem matematikal untuk memproyeksikan bidang tiga dimensional ke dalam bidang dua dimensional, seperti kertas atau kanvas. Kata “Perspektif” berasal dari kata bahasa Itali “Prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”.

    5. Manfaat Desain GrafisDi Bidang Pendidikan
    Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.


    ReplyDelete
  12. Kamana ath??? Meni geus garaya yeuh

    ReplyDelete
  13. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
    Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak....

    1.
    2. Pengertian Estetika
    Kata estetika berasal dari kata Yunani aesthesis yang berarti perasaan, selera perasaan atau taste. Dalam prosesnya Munro mengatakan bahwa estetika adalah cara merespon
    terhadap stimuli, terutama lewat persepsi indera, tetapi juga dikaitkan dengan proses kejiwaan, seperti asosiasi, pemahaman, imajinasi, dan emosi. Ilmu estetika adalah suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan, mempelajari semua aspek dari apa yang kita sebut keindahan.

    3. Software Desain Grafis :

    ¬¬¬¬Adobe Photoshop
    Adobe Illustrator
    Adobe Indesign
    Coreldraw
    GIMP
    Inkscape
    Adobe Freehand
    Adobe image ready
    Adobe Page Maker


    4. gambar perspektif
    Menurut Leonardo da Vinci, perspektif adalah sesuatu yang alami yang menampilkan yang datar menjadi relative dan yang relative menjadi datar. Perspektif adalah suatu system matematikal untuk memproyeksikan bidang tidak dimensi ke dalam bidang dua dimensional, seperti kertas atau kanvas. Kata “perspektif” berasal dari bahasa Italia, “prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”.
    Konstruksi perspektif memungkinkan kita untuk menggambar sebuah benda atau ruang secara nyata di atas sebuah bidang datar (bidang gambar) atau untuk memperjelas sebuah rencana yang telah digambarkan secara proyeksi geometri (tampak atas, depan dan samping).
    Gambar perspektif juga bisa diartkan sebagai gambar yang teknisnya menggunakan titik hilang. Gambar perspektif merupakan wujud dari gambar tiga dimensi.
    Macam macam Gambar Perspektif dilihat dari Titik Hilang
    • Perspektif satu titik hilang
    • Perspektif dua titik hilang
    • Perspektif tiga titik hilang
    5. Manfaat Desain GrafisDi Bidang Pendidikan
    mempercepat proses belajar mengajar dengan cara menyajikan suatu
    pelajaran dalam bentuk grafis
    - memperkenalkan dunia desain grafis kepada siswa sehingga siswa dapat
    mengimplementasikannya di dalam lingkungannya.
    - memperkenalkan kepada siswa tentang program aplikasi desain grafis.
    - mempersiapkan siswa agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan
    yang disampiakan dalam bentuk grafis.

    ReplyDelete
  14. aduh agan agan pada rajin nieeee..... :D

    ReplyDelete
  15. Acep hadian
    X-multimedia

    1. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.

    2. Estetika adalah seperti rambut wanita yang dapat mempercantik penampilannya, adalah seperti pakaian yang dipakai yang dapat mempercantik dan merubah tampilan karakter dalam sekejap.Desain grafis dan estetika adalah bagaikan wanita dengan rambutnya. Tanpa estetika desain grafis hanyalah sebatas informasi yang dilihat namun tidak memiliki kesan. Kesan disini seperti karakter seseorang yang membawa kesan terhadap orang lain.

    3. - Adobe Photoshop CS3
    - CorelDraw X3
    - Blender Terbaru
    - Google SkecthUp 8.0
    - The Gimp 2013
    - Picasa
    - Adobe After Effect
    - Autocad
    - Macromedia Flash

    4. Gambar Perspektif adalah Satu, Dua dan Tiga Titik Hilang
    Perspektif secara umum berarti gambar yang digunakan untuk mengkomunikasikan objek berupa benda, ruang, lingkungan yang terlihat oleh mata manusia ke dalam biddang datar. Gambar perspektif adalah gambar yang teknisnya menggunakan titik hilang. Gambar perspektif sendiri merupakan wujud dari gambar tiga dimensi.

    5. 1. Mempercepat proses belajar mengajar dengan cara menyajikan suatu pelajaran dalam bentuk grafis
    2. Memperkenalkan dunia desain grafis kepada siswa sehingga siswa dapat mengimplementasikannya di dalam lingkungannya.
    3. Memperkenalkan kepada siswa tentang program aplikasi desain grafis.

    ReplyDelete
  16. Suci Rosika Kawilia
    Multimedia Smkn 1 Cipatat


    1. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyika

    2. Estetika adalah seperti rambut wanita yang dapat mempercantik penampilannya, adalah seperti pakaian yang dipakai yang dapat mempercantik dan merubah tampilan karakter dalam sekejap.Desain grafis dan estetika adalah bagaikan wanita dengan rambutnya. Tanpa estetika desain grafis hanyalah sebatas informasi yang dilihat namun tidak memiliki kesan. Kesan disini seperti karakter seseorang yang membawa kesan terhadap orang lain. Makanya mengerjakan desain grafis haruslah dengan sepenuh hati sehingga estetika yang hadir tidak setengah-setengah.

    3. - Adobe Photoshop CS3
    - CorelDraw X3
    - Blender Terbaru
    - Google SkecthUp 8.0
    - The Gimp 2013
    - Picasa
    - Adobe After Effect
    - Autocad
    - Macromedia Flash

    4. Gambar Perspektif adalah Satu, Dua dan Tiga Titik Hilang
    Perspektif secara umum berarti gambar yang digunakan untuk mengkomunikasikan objek berupa benda, ruang, lingkungan yang terlihat oleh mata manusia ke dalam biddang datar. Gambar perspektif adalah gambar yang teknisnya menggunakan titik hilang. Gambar perspektif sendiri merupakan wujud dari gambar tiga dimensi.

    5. 1. Mempercepat proses belajar mengajar dengan cara menyajikan suatu pelajaran dalam bentuk grafis
    2. Memperkenalkan dunia desain grafis kepada siswa sehingga siswa dapat mengimplementasikannya di dalam lingkungannya.
    3. Memperkenalkan kepada siswa tentang program aplikasi desain grafis.

    ReplyDelete
  17. Sarah Suzana
    X- Multimedia
    SMK N 1` CIPATAT

    1. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.

    2. Estetika adalah seperti rambut wanita yang dapat mempercantik penampilannya, adalah seperti pakaian yang dipakai yang dapat mempercantik dan merubah tampilan karakter dalam sekejap.Desain grafis dan estetika adalah bagaikan wanita dengan rambutnya. Tanpa estetika desain grafis hanyalah sebatas informasi yang dilihat namun tidak memiliki kesan. Kesan disini seperti karakter seseorang yang membawa kesan terhadap orang lain. Makanya mengerjakan desain grafis haruslah dengan sepenuh hati sehingga estetika yang hadir tidak setengah-setengah.

    3. - Adobe Photoshop CS3
    - CorelDraw X3
    - Blender Terbaru
    - Google SkecthUp 8.0
    - The Gimp 2013
    - Picasa
    - Adobe After Effect
    - Autocad
    - Macromedia Flash

    4. Gambar Perspektif adalah Satu, Dua dan Tiga Titik Hilang
    Perspektif secara umum berarti gambar yang digunakan untuk mengkomunikasikan objek berupa benda, ruang, lingkungan yang terlihat oleh mata manusia ke dalam biddang datar. Gambar perspektif adalah gambar yang teknisnya menggunakan titik hilang. Gambar perspektif sendiri merupakan wujud dari gambar tiga dimensi.

    5. 1. Mempercepat proses belajar mengajar dengan cara menyajikan suatu pelajaran dalam bentuk grafis
    2. Memperkenalkan dunia desain grafis kepada siswa sehingga siswa dapat mengimplementasikannya di dalam lingkungannya.
    3. Memperkenalkan kepada siswa tentang program aplikasi desain grafis.

    ReplyDelete
  18. Nike Tresnawati
    X Multimedia


    1. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

    2. Estetika adalah salah satu cabang filsafat. Secara sederhana,
    Estetika adalah ilmu yang membahas keindahan, bagaimana ia bisa terbentuk, dan bagaimana seseorang bisa merasakannya. Pembahasan lebih lanjut mengenai
    Estetika adalah sebuah filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris, yang kadang dianggap sebagai penilaian terhadap sentimen dan rasa.
    Estetika merupakan cabang yang sangat dekat dengan filosofi seni.

    3. Adobe Photoshop
    Adobe Illustrator
    Adobe Indesign
    Coreldraw
    GIMP
    Inkscape
    Adobe Freehand
    Adobe image ready
    Adobe Page Maker

    4. Perspektif secara umum berarti gambar yang digunakan untuk mengkomunikasikan objek berupa benda, ruang, lingkungan yang terlihat oleh mata manusia ke dalam biddang datar. Gambar perspektif adalah gambar yang teknisnya menggunakan titik hilang. Gambar perspektif sendiri merupakan wujud dari gambar tiga dimensi.
    a. gambar perspektif 1 titik hilang
    b. gambar perspektif 2 titik hilang
    c. gambar perspektif 3 titik hilang

    5. Manfaat Desain GrafisDi Bidang Pendidikan
    mempercepat proses belajar mengajar dengan cara menyajikan suatu
    pelajaran dalam bentuk grafis
    - memperkenalkan dunia desain grafis kepada siswa sehingga siswa dapat
    mengimplementasikannya di dalam lingkungannya.
    - memperkenalkan kepada siswa tentang program aplikasi desain grafis.
    - mempersiapkan siswa agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan
    yang disampiakan dalam bentuk grafis.

    ReplyDelete
  19. Nama : Yusup Aristya Rahmat
    Kelas : X-Multimedia

    Answer :
    1).Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

    2).Estetika adalah hal yang mempelajari kualitas keindahan dari obyek, maupun daya impuls dan pengalaman estetik pencipta dan pengamatannya. Estetika dalam kontek penciptaan menurut John Hosper merupakan bagian dari filsafat yang berkaitan dengan proses penciptaan karya yang indah. Dari pengertian ini, bila dipahami bahwa estetika adalah ilmu yang mempelajari kualitas estetik suatu benda atau karya dan daya impuls serta pengalaman estetik pencipta maupun penghayat terhadap benda atau karya.

    3). a. CorelDraw
    b. Adobe Photoshop (All Version)
    c.Paint Tool SAI

    4).Pengertian Perspektif
    Perpektif berasal dari kata itali “ PROPERTIVA” yang berarti gambar pandangan. Pengertian singkatnya adlah sebagai ilmu melihat. Pengertian luar ilmu perpektif adalah suatu ilmu yang memungkinkan kita menggambar sebuah benda/ ruang secara nyata di sebuah bidang datar. Sehingga diperoleh kesan gambar sepeti yang dilihat.

    5).1. Mempercepat proses belajar mengajar dengan cara menyajikan suatu pelajaran dalam bentuk grafis.

    2. Memperkenalkan dunia desain grafis kepada para siswa sehingga siswa dapat mengimplementasikannya di dalam lingkungan siswa tersebut.

    3. Memperkenalkan siswa pada aplikasi-aplikasi desain grafis.

    4. Mempersiapkan siswa agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan yang disampaikan dalam bentuk grafis.

    Thanks :-) Arigatou Gozaimasu....

    ReplyDelete
  20. Nama : Nenden Ikawati
    Kelas : X-Multimedia

    Jawaban :

    1. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).
    Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

    2.Estetika adalah hal yang mempelajari kualitas keindahan dari obyek, maupun daya impuls dan pengalaman estetik pencipta dan pengamatannya. Estetika dalam kontek penciptaan menurut John Hosper merupakan bagian dari filsafat yang berkaitan dengan proses penciptaan karya yang indah. Dari pengertian ini, bila dipahami bahwa estetika adalah ilmu yang mempelajari kualitas estetik suatu benda atau karya dan daya impuls serta pengalaman estetik pencipta maupun penghayat terhadap benda atau karya.

    3. a.Inkscape
    b.Adobe Freehand
    c.Adobe image ready

    4.Perspektif adalah sesuatu yang alami yang menampilkan yang datar menjadi relative dan yang relative menjadi datar. Perspektif adalah suatu system matematikal untuk memproyeksikan bidang tidak dimensi ke dalam bidang dua dimensional, seperti kertas atau kanvas. Kata “perspektif” berasal dari bahasa Italia, “prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”.

    5).1. Mempercepat proses belajar mengajar dengan cara menyajikan suatu pelajaran dalam bentuk grafis.

    2. Memperkenalkan dunia desain grafis kepada para siswa sehingga siswa dapat mengimplementasikannya di dalam lingkungan siswa tersebut.

    3. Memperkenalkan siswa pada aplikasi-aplikasi desain grafis.

    4. Mempersiapkan siswa agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan yang disampaikan dalam bentuk grafis.

    ReplyDelete
  21. Nama: Muhamad Rizki R
    Kelas: X-MM

    1. Desain Grafis: adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan.

    2. Estetika berasal dari bahasa Yunani, aisthetike. Estetika merupakan ilmu yang mempelajari keindahan, dan pada perkembangannya estetika terbagi tiga hal : estetis, persepsi dan seni. estetika merupakan filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris yang terkadang dikaitkan dengan nilai rasa.

    3. - Adobe Photoshop
    -Adobe illustrator
    - Adobe After Effect
    - Autocad
    - Macromedia Flash
    - Google SkecthUp 8.0

    4. perspektif adalah sebuah dasar pendidikan seni dan besar artinya untuk lingkup penggunaan yang sangat luas seperti arsitek, orang-orang teknik mesin, dan para desainer.Kata “Perspektif” berasal dari kata bahasa Itali “Prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”.

    5. -Mempercepat proses belajar mengajar dengan cara menyajikan suatu pelajaran dalam bentuk grafis
    -memperkenalkan kepada siswa tentang program aplikasi desain grafis.
    -Memperkenalkan dunia desain grafis kepada siswa sehingga siswa dapat mengimplementasikannya di dalam lingkungannya.

    ReplyDelete
  22. nama:dicky setiadi
    kelas: X mm
    1. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.

    2).Estetika adalah hal yang mempelajari kualitas keindahan dari obyek, maupun daya impuls dan pengalaman estetik pencipta dan pengamatannya. Estetika dalam kontek penciptaan menurut John Hosper merupakan bagian dari filsafat yang berkaitan dengan proses penciptaan karya yang indah. Dari pengertian ini, bila dipahami bahwa estetika adalah ilmu yang mempelajari kualitas estetik suatu benda atau karya dan daya impuls serta pengalaman estetik pencipta maupun penghayat terhadap benda atau karya.
    3. - Adobe Photoshop
    -Adobe illustrator
    - Adobe After Effect
    4. Perspektif secara umum berarti gambar yang digunakan untuk mengkomunikasikan objek berupa benda, ruang, lingkungan yang terlihat oleh mata manusia ke dalam biddang datar. Gambar perspektif adalah gambar yang teknisnya menggunakan titik hilang. Gambar perspektif sendiri merupakan wujud dari gambar tiga dimensi.
    a. gambar perspektif 1 titik hilang
    b. gambar perspektif 2 titik hilang
    c. gambar perspektif 3 titik hilang

    5. Manfaat Desain GrafisDi Bidang Pendidikan
    mempercepat proses belajar mengajar dengan cara menyajikan suatu
    pelajaran dalam bentuk grafis
    - memperkenalkan dunia desain grafis kepada siswa sehingga siswa dapat
    mengimplementasikannya di dalam lingkungannya.
    - memperkenalkan kepada siswa tentang program aplikasi desain grafis.
    - mempersiapkan siswa agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan
    yang disampiakan dalam bentuk grafis




    ReplyDelete
  23. NAMA: M.SOLEH
    KELAS: X MM
    1. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.
    2. Estetika berasal dari bahasa Yunani, aisthetike. Estetika merupakan ilmu yang mempelajari keindahan, dan pada perkembangannya estetika terbagi tiga hal : estetis, persepsi dan seni. estetika merupakan filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris yang terkadang dikaitkan dengan nilai rasa.
    3. - Adobe Photoshop
    -Adobe illustrator
    - Adobe After Effect
    - Autocad
    - Macromedia Flash
    - Google SkecthUp 8.0
    4).Pengertian Perspektif
    Perpektif berasal dari kata itali “ PROPERTIVA” yang berarti gambar pandangan. Pengertian singkatnya adlah sebagai ilmu melihat. Pengertian luar ilmu perpektif adalah suatu ilmu yang memungkinkan kita menggambar sebuah benda/ ruang secara nyata di sebuah bidang datar. Sehingga diperoleh kesan gambar sepeti yang dilihat.
    5. Manfaat Desain GrafisDi Bidang Pendidikan
    mempercepat proses belajar mengajar dengan cara menyajikan suatu
    pelajaran dalam bentuk grafis
    - memperkenalkan dunia desain grafis kepada siswa sehingga siswa dapat
    mengimplementasikannya di dalam lingkungannya.
    - memperkenalkan kepada siswa tentang program aplikasi desain grafis.
    - mempersiapkan siswa agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan
    yang disampiakan dalam bentuk grafis

    ReplyDelete
  24. NAMA:SENI JUNIANTI
    KELAS:X-MM
    1. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.
    2. Estetika berasal dari bahasa Yunani, aisthetike. Estetika merupakan ilmu yang mempelajari keindahan, dan pada perkembangannya estetika terbagi tiga hal : estetis, persepsi dan seni. estetika merupakan filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris yang terkadang dikaitkan dengan nilai rasa.
    3. - Adobe Photoshop
    -Adobe illustrator
    - Adobe After Effect
    - Autocad
    - Macromedia Flash
    - Google SkecthUp 8.0

    4. perspektif adalah sebuah dasar pendidikan seni dan besar artinya untuk lingkup penggunaan yang sangat luas seperti arsitek, orang-orang teknik mesin, dan para desainer.Kata “Perspektif” berasal dari kata bahasa Itali “Prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”.
    5. Manfaat Desain GrafisDi Bidang Pendidikan
    mempercepat proses belajar mengajar dengan cara menyajikan suatu
    pelajaran dalam bentuk grafis
    - memperkenalkan dunia desain grafis kepada siswa sehingga siswa dapat
    mengimplementasikannya di dalam lingkungannya.
    - memperkenalkan kepada siswa tentang program aplikasi desain grafis.
    - mempersiapkan siswa agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan
    yang disampiakan dalam bentuk grafis.

    ReplyDelete
  25. NAMA:ASEP BUDIMAN
    KELAS:X-MM
    1. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).

    2. Estetika berasal dari bahasa Yunani, aisthetike. Estetika merupakan ilmu yang mempelajari keindahan, dan pada perkembangannya estetika terbagi tiga hal : estetis, persepsi dan seni. estetika merupakan filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris yang terkadang dikaitkan dengan nilai rasa.
    3. - Adobe Photoshop
    -Adobe illustrator
    - Adobe After Effect
    - Autocad
    - Macromedia Flash
    - Google SkecthUp 8.0
    4. Perspektif secara umum berarti gambar yang digunakan untuk mengkomunikasikan objek berupa benda, ruang, lingkungan yang terlihat oleh mata manusia ke dalam biddang datar. Gambar perspektif adalah gambar yang teknisnya menggunakan titik hilang. Gambar perspektif sendiri merupakan wujud dari gambar tiga dimensi.
    a. gambar perspektif 1 titik hilang
    b. gambar perspektif 2 titik hilang
    c. gambar perspektif 3 titik hilang

    4. perspektif adalah sebuah dasar pendidikan seni dan besar artinya untuk lingkup penggunaan yang sangat luas seperti arsitek, orang-orang teknik mesin, dan para desainer.Kata “Perspektif” berasal dari kata bahasa Itali “Prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”.
    5. Manfaat Desain GrafisDi Bidang Pendidikan
    mempercepat proses belajar mengajar dengan cara menyajikan suatu
    pelajaran dalam bentuk grafis
    - memperkenalkan dunia desain grafis kepada siswa sehingga siswa dapat
    mengimplementasikannya di dalam lingkungannya.
    - memperkenalkan kepada siswa tentang program aplikasi desain grafis.
    - mempersiapkan siswa agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan
    yang disampiakan dalam bentuk grafis

    ReplyDelete
  26. NAMA:HERI KURNIAWAN
    KELAS:X-MM
    1. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).

    2. Estetika berasal dari bahasa Yunani, aisthetike. Estetika merupakan ilmu yang mempelajari keindahan, dan pada perkembangannya estetika terbagi tiga hal : estetis, persepsi dan seni. estetika merupakan filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris yang terkadang dikaitkan dengan nilai rasa.
    3. - Adobe Photoshop
    -Adobe illustrator
    - Adobe After Effect
    - Autocad
    - Macromedia Flash
    - Google SkecthUp 8.0

    4. perspektif adalah sebuah dasar pendidikan seni dan besar artinya untuk lingkup penggunaan yang sangat luas seperti arsitek, orang-orang teknik mesin, dan para desainer.Kata “Perspektif” berasal dari kata bahasa Itali “Prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”.

    5. -Mempercepat proses belajar mengajar dengan cara menyajikan suatu pelajaran dalam bentuk grafis
    -memperkenalkan kepada siswa tentang program aplikasi desain grafis.
    -Memperkenalkan dunia desain grafis kepada siswa sehingga siswa dapat mengimplementasikannya di dalam lingkungannya.

    ReplyDelete
  27. NAMA:NUR ARSY TASTAPTIAN
    KELAS:X-MM
    1. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).

    2. Estetika berasal dari bahasa Yunani, aisthetike. Estetika merupakan ilmu yang mempelajari keindahan, dan pada perkembangannya estetika terbagi tiga hal : estetis, persepsi dan seni. estetika merupakan filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris yang terkadang dikaitkan dengan nilai rasa.
    3. - Adobe Photoshop
    -Adobe illustrator
    - Adobe After Effect
    - Autocad
    - Macromedia Flash
    - Google SkecthUp 8.0
    4. Perspektif secara umum berarti gambar yang digunakan untuk mengkomunikasikan objek berupa benda, ruang, lingkungan yang terlihat oleh mata manusia ke dalam biddang datar. Gambar perspektif adalah gambar yang teknisnya menggunakan titik hilang. Gambar perspektif sendiri merupakan wujud dari gambar tiga dimensi.
    a. gambar perspektif 1 titik hilang
    b. gambar perspektif 2 titik hilang
    c. gambar perspektif 3 titik hilang

    4. perspektif adalah sebuah dasar pendidikan seni dan besar artinya untuk lingkup penggunaan yang sangat luas seperti arsitek, orang-orang teknik mesin, dan para desainer.Kata “Perspektif” berasal dari kata bahasa Itali “Prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”.

    5. Manfaat Desain GrafisDi Bidang Pendidikan
    mempercepat proses belajar mengajar dengan cara menyajikan suatu
    pelajaran dalam bentuk grafis
    - memperkenalkan dunia desain grafis kepada siswa sehingga siswa dapat
    mengimplementasikannya di dalam lingkungannya.
    - memperkenalkan kepada siswa tentang program aplikasi desain grafis.
    - mempersiapkan siswa agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan
    yang disampiakan dalam bentuk grafis.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. SMKN 1 CIPATAT

    1. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
    Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di
    dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak....
    2. Estetika adalah salah satu cabang filsafat. Secara sederhana, estetika adalah ilmu yang membahas keindahan, bagaimana ia bisa terbentuk, dan bagaimana seseorang bisa merasakannya. Pembahasan lebih lanjut mengenai estetika adalah sebuah filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris, yang kadang dianggap sebagai penilaian terhadap sentimen dan rasa. Estetika merupakan cabang yang sangat dekat dengan filosofi seni.
    3.- Desktop publishing
    -Webdesign
    -Rendering 3 Dimensi
    -Audiovisual
    4. Perspektif secara umum berarti gambar yang digunakan untuk mengkomunikasikan objek berupa benda, ruang, lingkungan yang terlihat oleh mata manusia ke dalam biddang datar. Gambar perspektif adalah gambar yang teknisnya menggunakan titik hilang. Gambar perspektif sendiri merupakan wujud dari gambar tiga dimensi.
    -Gambar Perspektif Satu Titik Hilang
    -Gambar Perspektif Dua Titik Hilang
    -Gambar Perspektif Tiga Titik Hilang
    5. 1. Mempercepat proses pekerjaan dengan cara menyajikan suatu pekerjaan dalam bentuk grafis.
    2. Memperkenalkan dunia desain grafis kepada masyarakat luas (secara umum) sehingga dapat diimlementasikan di dalam lingkunganya.
    3. Memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang program aplikasi desain grafis.
    4. Mempersiapkan masyarakat (generasi muda/mahasiswa/kaum terpelajar) agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan yang disampaikan dalam bentuk grafis.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel