Program Keahlian Multimedia


Pengertian Multimedia
Multimedia adalah suatu sarana (media) yang di dalamnya terdapat perpaduan berbagai bentuk elemen informasi, seperti teks, graphics, animasi, video, interaktif maupun suara sebagai pendukung untuk mencapai tujuannya, yaitu menyampaikan informasi atau sekedar memberikan hiburan bagi target audien-nya. Kata multimedia itu sendiri berasal dari kata multi (bahasa latin) yang berarti banyak dan kata media (bahasa latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesuatu. 


Multimedia dapat dikategorikan menjadi 2 macam, yaitu:

1. Multimedia Linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan/lurus), contohnya ; TV dan Film.

2. Multimedia Interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol (atau alat bantu berupa komputer, mouse, keyboard dll.) yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya. Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari teks, grafik, audio, dan interaktivitas (rancangan). Contohnya seperti aplikasi game.


Spesifikasi Keahlian Multimedia

  • Multimedia Interaktif

Merupakan sebuah produk program pada CD/DVD, Web atau media lainnya, yang menggabungkan hasil desain grafis, animasi, video serta audio yang dikemas dalam sebuah program komputer yang interaktif. Contoh dari produk Multimedia Interaktif ini adalah Company Profile dalam bentuk CD/DVD, Game Interaktif, CD/DVD Pembelajaran Interaktif.

  • Desain Grafis

Merupakan gabungan beberapa matakuliah yang berisi tentang konsep-konsep dasar tentang desain (estetika, komposisi warna, dll) dilanjutkan dengan penggunaan tool-tool desain komputer (Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw). Contoh Produk yang dihasilkan adalah desain grafis untuk komputer maupun percetakan (Iklan, Poster, Brosur, dll)

  • Animasi

Animasi yang dihasilkan dapat berupa animasi dua dimensi atau tiga dimensi. Hasil dari animasi ini dapat digabungkan dalam bentuk produk multimedia interaktif seperti game, iklan, website bahkan sampai dengan produksi film.

  • Video dan Sound Editing

Hasil dari editing video dan audio ini dapat digabungkan dengan animasi untuk menghasilkan sebuah film atau digabungkan dalam sebuah program untuk menghasilkan produk multimedia interaktif lainnya (iklan, game, company profile, dll).

  • Desain dan Pemrograman Website Dinamis

Desain website selain dituntut untuk menarik juga dituntut untuk mempunyai kemudahan dalam penggunaannya. Selain diajarkan tentang cara mendesain sebuah website juga akan diajarkan hal-hal yang menyangkut Human Computer Interaction sehingga website akan mudah digunakan. Pemrograman website dinamis akan mempelajari bagaimana membuat website dinamis seperti www.yahoo.com, www.google.com , www.friendster.com yang dikoneksikan dengan database tertentu.

  • Pembuatan Game Interaktif

Game yang akan dibuat dapat berupa game komputer, game online (website) maupun game pada handphone.

  • Pemrograman Database

Pemrograman database akan mempelajari secara komprehensif mulai dari tahap awal sampai akhir pembuatan program komputer yang dihubungkan dengan database untuk dapat melakukan pencatatan, pencarian, pengubahan informasi serta analisa informasi dari data-data yang telah disimpan pada database.




0 Response to "Program Keahlian Multimedia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel