Gaung Revolusi Industri 4.0

Ilustrasi

Revolusi Industri 4.0 yang semakin kencang bergaung di Indonesia, mau tidak mau harus membuka mata seluruh pelaku industri untuk bergerak mengikuti perkembangan zaman. Revolusi Industri 4.0 yang diperkenalkan pertama kalinya oleh Profesor Klaus Schwab. Seorang ekonom asal Jerman itu menulis dalam bukunya, konsep The Fourth Industrial Revolution telah mengubah hidup dan kerja manusia. Di era industri 4.0 yang ditandai dengan sistem cyber-physical, industri mulai bersentuhan dengan dunia virtual, teknologi cloud, big data berbentuk konektivitas manusia, mesin dan data, yang kita kenal dengan internet of things (IOT).

Dengan IOT maka tidak dapat dipungkiri pengguna internet akan semakin berkembang pesat. Selain itu daya beli masyarakat juga terus meningkat seiring dengan naiknya pendapatan perkapita masyarakat Indonesia yang mau tidak mau mempengaruhi perkembangan industri digital.

Makin banyak orang yang melihat internet sebagai peluang baru untuk memulai bisnisnya. Hal ini merupakan peluang untuk mendirikan bisnis startup. Pada saat ini dalam hitungan bulan bahkan hari bermunculan banyak para startup di Indonesia.

Pemerintah Indonesia sudah menyiapkan empat langah strategis untuk mengimplementasikan teknologi Revolusi Industri 4.0.

1. Dengan mendorong angkatan kerja Indonesia untuk mengintegrasikan internet dengan proses produksi, yakni meningkatkan penggunaan internet of things (IOT).

2. Pengimplementasian program e-smart IKM. Melalui program ini diharapkan adanya peningkatan daya saing industri kecil menengah agar mampu menembus pasar ekspor.

3. Mengayomi industri nasional untuk mengintegrasikan teknologi digital ke dalam proses produksinya, seperti big data, ougmented reality, cyber security, autonomous robots, dll.

4. Pemerintah Indonesia mendorong wirausaha berbasis teknologi dengan memfasilitasi tempat inkubasi bisnis.

Startup sebagai bisnis berbasis teknologi, banyak tumbuh menjamur dan berkembang melalui program incubator bisnis. Dengan prinsip inkubasi bisnis startup akan melalui proses pembinaan, pendampingan dan pengembangan usaha hingga dapat mandiri.

Sebuah ekosistem bisnis akan terbangun melalui program inkubasi bisnis akan membuat semakin tumbuh berkembangnya para startup. Hal ini akan berdampak terhadap penciptaan lapangan kerja baru, terciptanya inovasi dan kreativitas yang dihasilkan oleh para pelaku bisnis startup di Indonesia. (acr***)

0 Response to "Gaung Revolusi Industri 4.0"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel