Meningkatkan Kecepatan Smartphone dengan GPU Turbo


Meningkatkan Kecepatan Smartphone dengan GPU Turbo

Peran smartphone sebagian sudah menggeser personal computer (PC) dan laptop karena dianggap lebih fleksibel dan aksesibilitasnya lebih baik. Pengguna pun menuntut proses akses smartphone lebih cepat, baik dalam aktivitas multitasking maupun bermain game.

Tidak perduli seberapa cepat smartphone kita, selalu ada ruang untuk membuatnya lebih cepat. Android memungkinkan hal tersebut dengan proses overlocking atau memaksa CPU untuk berjalan sedikit lebih cepat dari asalnya.

Overlocking biasanya memaksa pengguna untuk melakukan rooting yag berdampak hilangnya garansi resmi. Cara ini relative efektif dalam menaklukan game-game berat kendati smartphone beresiko mengalami overheat dan penurunan performa seiring dengan waktu.

Dengan semakin canggihnya chipset, grafis, dan besarnya memori RAM, kini hanya sebagian kecil pengguna smartphone yang melakukan overlock. Untuk memenuhi kebutuhan smartphone berspesifikasi gaming, beberapa pabrikan telah merilis smartphone gaming. Meski dianggap sebagai gimmick marketing, tidak bisa dipungkiri smartphone gaming yang beredar memiliki spesifikasi tinggi dan dibanderol dengan harga mahal.

Baru-baru ini, ada yang disebut sebagai GPU Turbo yang diadopsi oleh merk Huawei dan Honor. GPU Turbo adalah teknologi percepatan GPU hardware dan software. Pada dasarnya, ini meningkatkan GPU smartphone, mengubah smartphone kelas menengah menjadi pembangkit tenaga game, tanpa perlu melakukan overlock.

Dengan GPU Turbo, performa smartphone diklaim meningkat hingga 60%, sekaligus bisa menurunkan konsumsi baterai hingga 30%. Selain meningkatkan kecepatan dan memungkinkan frame rate lebih tinggi daripada kebanyakan smartphone lain di pasar. GPU Turbo juga akan meningkatkan visual dengan mengaktifkan HDR (jangkauan dinamis tinggi), yang meningkatkan kontras dan saturasi warna.

Selain frame rate lebih tinggi, grafis fantastis, dan konsumsi baterai lebih rendah, smartphone akan berjalan lebih dingin. Smartphone tidak akan terlalu panas meskipun ada peningkatan GPU dan beban visual yang jauh lebih berat.

0 Response to "Meningkatkan Kecepatan Smartphone dengan GPU Turbo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel