Rancabuaya, Pantai dengan Hamparan Batu Karang


Berbicara pantai memang tidak ada habisnya, mulai dari ujung timur pulau jawa sampai ujung kulon terhampar ratusan pantai dengan pesonanya masing-masing. Begitupun di Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Garut, setelah sebelumnya pantai Santolo yang tidak diragukan lagi namanya sebagai destinasi wisata lokal maupun mancanegara, masih di Kabupaten Garut kini mulai ramai di bicarakan dan di kunjungi yaitu pantai Rancabuaya.

Pantai Rancabuaya, namun jika kita mengujunginya tidak akan seseram namanya “buaya”, akan tetapi Pantai Rancabuaya adalah salah satu objek wisata pantai yang berada di Desa Purbayani Kecamatan Caringin Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. 

Pantai yang memiliki batu-batu karang besar ini langsung berbatasan dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak yang cukup besar. Yang menarik dari pantai ini adalah banyaknya batuan karang yang cukup besar, juga terdapat tebing batuan yang cukup tinggi serta adanya air terjun (Bahasa Sunda: curug) yang langsung menghadap ke pantai. Hal lain yang menarik yaitu banyaknya ikan-ikan kecil yang terperangkap di karang-karang yang terbawa oleh ombak yang bisa kita tangkap untuk dipelihara di aquarium rumah jika kita beruntung bisa menangkap kelincahan dan kegesitan ikan-ikan hias tersebut.

Ada beberapa rute yang bisa kita gunakan untuk mencapai pantai Rancabuaya. Jika kita melalui jalur Garut Kota kita bisa melewati rute Cikajang – Cisompet – Pameungpek (pantai Santolo) – Rancabuaya, dengan jalur yang sudah mulus, hanya sedikit bergelombang di daerah Gunung Gelap Kecamatan Cisompet. Sedangkan jika kita dari Bandung, akan lebih dekat jika kita melewati rute Bandung Kota – Soreang – Pangalengan (Kabupaten Bandung) – Rancabuaya, jalur ini sudah cukup mulus karena mulai dari Kecamatan Pangalengan sampai Cisewu jalan sudah di hotmix. (acr**)

0 Response to "Rancabuaya, Pantai dengan Hamparan Batu Karang "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel