Contoh Proposal Praktek Kerja Industri (Prakerin)


PROPOSAL
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)

I.      Pendahuluan
            Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha Atau Dunia Industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya dan juga menambah bekal untuk masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semangkin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti di masa sekarang ini. 
            Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia Industri. Alasan utama mengapa para siswa-siswi harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri tidak mengalami kendala dalam penerapan Ilmu Pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktek kerja industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan terkait. 
            Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini diharapkan setiap siswa – siswi mampu mengikuti kegiatan kerja serta memahami kegiatan kerja yang dilakukan di dunia Usaha ataupun di dunia Industri agar siswa – siswi tersebut dapat mencapai serta mendapatkan sesuatu yang baik dan berguna bagi dirinya serta agar siswa – siswi tersebut mampu menunjukan kinerjanya secara maksimal apa yang telah dilakukannya selama berada di dunia Usaha atau dunia Industri sehingga mampu membuat dirinya diperhitungkan di dunia usaha atau dunia industri. 
            Prakerin memberikan dan sekaligus mengajarkan kepada anak didik akan dan bagaimana kehidupan di dunia kerja. disamping ajang uji coba ilmu yang ia pelajari, melalui 
prakerin siswa diharapkan mampu memahami tentang bagaimana tata dan aturan di dunia industri/usaha, sehingga ketika ia nantinya tamat ia sudah benar-benar siap bekerja baik secara keilmuan maupun secara kejiwaan dan mental.

II.    Dasar Hukum
1.       Undang-undang no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.       Kepmen Pendidikan dan Kebudayaan no. 323/U/1997 tentang Penyelenggaraan Prakerin di SMK;
3.       Peraturan Pemerintah no. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang antar lain :
a.    Penyelenggaraan sekolah menengah dapat bekerja sama dengan masyarakat terutama dunia usaha/dunia industry dan para dermawan untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menunjang penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan;
b.    Pada sekolah menengah dapat dilakukan uji coba gagasan baru yang diperlukan dalam rangka pengembangan pendidikan menengah.
4.       Kempendikbud no. 080/V/1993 tentang Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan yang menyatakan:
a.    Menggunakan unit produksi sekolah beroperasi secara professional sebagai wahana pelatihan kejuruan;
b.    Melaksanakan sebagai kelompok mata pelajaran kejuruan di sekolah, dan sebagai lainnya di dunia usaha dan dunia industri;
c.     Melaksanakan kelompok mata pelajaran keahlian kejuruan sepenuhnya di masyarakat dunia usaha dan dunia industri.

III.      Maksud dan Tujuan
Didalam kegiatan Praktek Kerja Industri ini mempunyai maksud dan tujuan sebagai berikut :
a.    Mengimplementasikan materi yang selama ini di dapatkan di sekolah;
b.    Membentuk pola pikir yang membangun bagi siswa-siswi Prakerin;
c.     Melatih siswa untuk berkomunikasi/berinteraksi secara professional di dunia kerja yang sebenarnya;
d.    Membentuk semangat kerja yang baik bagi siswa-siswi Prakerin;
e.    Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa-siswi Prakerin sesuai dengan bidang masing-masing;
f.      Menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari;
g.    Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri maupun dunia usaha.

IV.      Sasaran Kegiatan
Sasaran Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini adalah seluruh siswa kelas XI Multimedia (MM), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Administrasi Perkantoran (AP) SMK Negeri 1 Cipatat, sebanyak 158 siswa. (susunan terlampir)

V.        Waktu dan Tempat Kegiatan
Kegiatan Praktek Kerja Industri ini dilaksanakan mulai dari Bulan Januari s.d Maret 2018, adapun tempat pelaksanaan kegiatan Prakerin ini yaitu di beberapa Dunia Usaha/Dunia Industri yang ada di kawasan Kabupaten Bandung Barat, Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Garut, dan Jababeka. (daftar terlampir)

VI.      Susunan Kepanitiaan
Penanggung Jawab                                : Drs. Asep Karyana, M.Si

Panitia Inti
Ketua Pelaksana                                     : M. Yuga Wira Praja A., S.Pd
Sekretaris                                               : Asep Syaiful Millah
Bendahara                                              : Nevy Perbyyanty, S.Pd

Kepala Program
Multimedia                                             : Urip Supriyati, S.Pd
Teknik Kendaraan Ringan                      : Muhammad Rizal, S.Sos
Administrasi Perkantoran                       : Destriana Sagala, SE
Teknik Instalasi Tenaga Listrik               : Suhendar, ST., M.Eng

VII.    Anggaran
Terlampir

VIII.  Penutup
Keberhasilan pelaksanaan suatu program serta kegiatan yang dilakukan adalah tergantung dari kesungguhan dan konsistensi (kesinambungan dan keistiqomahan) dari pimpinan dan anggota secara keseluruhan dan juga dukungan semua pihak.
Demikian proposal Praktek Kerja Industri atau Prakerin ini kami buat sebagai bahan bagi semua pihak yang berkompeten dengan kesuksesan pelaksanaannya. Pada akhirnya hanya kepada Allah SWT segala sesuatu yang telah diusahakan bersimpuh diri. Semoga Allah SWT, senantiasa memberikan kekuatan dalam menjalankan amanah ini.

0 Response to "Contoh Proposal Praktek Kerja Industri (Prakerin)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel