Benteng Kapas "Pamukkale" Turki


Pamukkale, yang berarti "benteng kapas" dalam bahasa Turki, adalah sebuah situs alam di Provinsi Denizli di Turki barat daya. Kota ini berisi air panas dan travertine, mineral karbonat yang ditinggalkan oleh air yang mengalir. Ini terletak di wilayah Turki Aegea dalam, di lembah Sungai Menderes, yang memiliki iklim sedang untuk sebagian tahun. Yunani-Romawi kuno dan kota Bizantium dari Hierapolis dibangun di atas "benteng" putih yang secara keseluruhan panjangnya sekitar 2,700 meter, lebar 600 m dan tinggi 160 m. Hal ini dapat dilihat dari bukit-bukit di sisi berlawanan dari lembah di kota Denizli, 20 km jauhnya. 


Pamukkale merupakan taman nasional air terjun di kawasan lereng travertine dengan tebing setinggi 20 meter di sepanjang dataran bukit pegunungan Cokelez. Lembah air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar 200 meter di atas dataran Curusku yang meluas 6 kilometer di sekitar desa Karahayit, Pamukkale. Kolam yang berada di lembah tersebut memiliki keunikan tersendiri, yaitu dengan meluasnya kea rah kompleks utara Alasheir, sekitar 70 kilometer persegi dan barat sepanjang lembah sungai Menderes. Aliran sungai ini memberikan saluran air panas ke desa-desa terdekat dan daerah pertanian selama beberapa tahun lamanya. Batuanya yang lama di daerah lereng tersebut menjadi Kristal berupa kurasit dan sekis yang terletak di utara aman batu zaman pliosen. 

Daya tarik Pamukkale yang paling kuat adalah tebing putihnya yang terbentuk dari kandungan air panas, yang kemudian membeku dan membentuk seperti air terjun beku. Kecantikan inilah yang sukses menjadikan Pamukkale sebagai tempat destinasi wisata lokal maupun mancanegara. (acr***)

0 Response to "Benteng Kapas "Pamukkale" Turki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel