Teknologi Internet Of Things (IOT)

Ilustrasi


Internet Of Things (IOT) pertama kali diperkenalkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999. Meski telah diperkanalkan sejak 15 tahun yang lalu, hingga kini belum ada sebuah consensus global mengenai definisi IOT. Namun secara umum konsep IOT diartikan sebuah kemampuan untuk menghubungkan objek-objek cerdas dan memungkinkannya untuk berinteraksi dengan objek lain, lingkungan maupun dengan peralatan komputasi cerdas lainnya melalui jaringan internet. IOT dalam berbagai bentuknya telah mulai diaplikasikan pada banyak aspek kehidupan manusia.

Internet Of Things (IOT) merupakan sebuah teknologi yang mampu mengubah perangkat menjadi sesuatu yang berharga, diantaranya untuk monitoring dan analisis. Dari segi pemanfaatannya, IOT memiliki banyak peluang, baik untuk pengguna umum maupun bisnis. IOT akan mampu memberikan wawasan yang berharga untuk mendukung transformasi digital dan dengan cepat menjadi keharusan di hampir semua sektor industri.

Syarat sebuah perangkat dapat dikatakan IOT adalah, perangkat tersebut sudah ditanamkan chip mikrokontroller yang telah diprogram. Perangkat tersebut telah terhubung dengan smartphone pengguna dengan internet sebagai medianya. Jadi selama perangkat dan smartphone pengguna terhubung dengan internet, maka pengguna dapat mengendalikan perangkat tersebut dari jarak jauh.

Saat ini sudah banyak bidang-bidang pekerjaan atau alat-alat rumah tangga bahkan pemerintahan yang menjadikan IOT sebagai teknologi. Bahkan di beberapa negara maju sudah memiliki kota pintar atau smart city yang cukup berkembang pesat.

Di Indonesia penggunaan teknologi IOT untuk menjadi smart city sedang dikembangkan oleh Kota Jakarta dan Bandung. Sampai saat ini pembangunan smart city di Bandung cukup berkembang pesat. Sampai saat ini Bandung memiliki 5000 Wi-Fi di setiap ruang publik, Kartu Bandung Pintar yang bisa digunakan untuk berbagai macam pembayaran secara elektronik di beberapa fasilitas umum.


Sumber: Dirangkum dari berbagai sumber.

1 Response to "Teknologi Internet Of Things (IOT)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel