Komunikasi Politik. Media Baru Sebagai Sarana Komunikasi Politik di Dunia Virtual

Media Baru Sebagai Sarana Komunikasi Politik di Dunia Virtual


Muhammad Yuga Wira Praja Almu’min
Program Magister (S2) Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
myugawpa@gmail.com

ABSTRACT

The global development of information and communication technology (ICT) has trigerred the growth of cyber communication, booth among the government, social political institutions, and among the community. The development of communicaton is marked by the use of new media as a communication medium (new media). The study aims to provide a holistic picture of new media in relation to political communication in the virtual world which is used by individuals, groups and various political entities. The research uses descriptive qualitative method by collecting data and information through literature review. The result of this research is that new media users are not bound by social, economic and political status. New media is a means of political communication that has a significant impact on political activity in the virtual world.

Keyword: new media, political communication, virtual world.


ABSTRAK

Perkembangan global teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memicu pertumbuhan komunikasi dunia maya, baik di kalangan pemerintah, kelembagaan sosial politik, maupun di kalangan masyarakat. Perkembangan komunikasi itu ditandai oleeh pemanfaatan media baru sebagai media komunikasi (new media). Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran holistik tentang media baru dalam kaitannya sebagai sarana komunikasi politik di dunia virtual yang dimanfaatkan oleh individu, kelompok maupun berbagai entitas politik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data dan informasi sekunder melalui kajian pustaka. Hasil penelitian ini adalah pengguna media baru tidak terikat oleh status sosial, ekonomi dan politik, media baru merupakan sarana komunikasi politik yang berdampak signifikan terhadap aktivitas politik di dunia virtual.

Kata Kunci: media baru, komunikasi politik, dunia virtual.


PENDAHULUAN

Perkembangan global teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memicu pertumbuhan komunikasi dunia maya, baik di kalangan pemerintah, kelembagaan sosial politik, maupun di kalangan masyarakat. Perkembangan komunikasi itu ditandai oleh pemanfaatan media baru sebagai media komunikasi (new media). Komunikasi yang pada awalnya hanya sebatas proses interaksi personal secara face to face, kini berkembang secara online melalui internet. Salah satu bentuk perkembangan teknologi komunikasi adalah media baru (new media) yang melahirkan media sosial (sosial media).

Salah satu komunikasi berbasis internet yang banyak digunakan adalah media sosial. Media sosial adalah sebuah media online. Para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Ragam media sosial yang tengah berkembang dan banyak diminati orang adalah Facebook, Myspsce, Twitter, WhatsApp, Youtube, dan sebagainya. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet.


Full PDF

0 Response to "Komunikasi Politik. Media Baru Sebagai Sarana Komunikasi Politik di Dunia Virtual"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel