Bentrokan Terjadi Antara Warga dan Polisi Israel, Selang Beberapa Jam Gencatan Senjata

Bentrokan Terjadi Antara Warga dan Polisi Israel, Selang Beberapa Jam Gencatan Senjata 

Selang beberapa jam dimulainya genjatan senjata yang di mediasi Mesir antara Hamas dan Israel, bentrok kembali terjadi di komplek Masjid Al-Aqsa. Bentrokan terjadi antara warga Palestina dan Polisi Israel selepas pelaksanaan shalat Jum’at. Polisi Israel melemparkan granat kejut ke arah warga Palestina yang melemparkan batu ke petugas yang berada di luar masjid.

Ribuan warga Palestina berkumpul di komplek sekitar masjid untuk melaksanakan ibadah shalat Jum’at. Beberapa warga tetap khusuk melaksanakan ibadah shalat Jum’at, dan lainnya bersorak dan mengibarkan bendera Palestina menyusul diberlakukannya genjatan senjata antara Hamas dan Israel.

Tidak begitu jelas apa yang menjadi pemicu dalam bentrokan antara warga Palestina dan polisi Israel tersebut, namun polisi Israel menggambarkan gangguan di komplek masjid Al Aqsa tersebut dengan istilah “Temple Mount” sebagai kerusuhan. Orang-orang termasuk anak-anak berteriak, malarikan diri dari tempat kejadian menghindari ledakan granat setrum dan gas air mata yang ditembakan oleh polisi Israel.

Konfrontasi mereda setelah kurang lebih satu jam, dengan polisi Israel mundur ke posisi gerbang komplek masjid Al Aqsa. Tidak ada roket yang ditembakkan dari Gaza atau serangan Israel di daerah kantong Palestina yang padat penduduk, meskipun terjadi ketegangan di komplek masjid Al Aqsa Yerusalem.

Organisasi kemanusiaan Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan pihaknya merawat 20 orang yang terluka setelah terjadi bentrokan antara warga Palestina dan polisi Israel di komplek masjid tersebut. Dua orang dibawa ke rumah sakit, sementara sisanya dirawat di lapangan sekitar komplek masjid Al Aqsa.

Sumber tulisan sebagai berikut:
https://www.aljazeera.com/news/2021/5/21/jubilation-in-gaza-as-ceasefire-takes-effect-palestine-israel-livehttps://edition.cnn.com/2021/05/21/middleeast/israel-palestinian-conflict-friday-intl/index.html
https://www.nbcnews.com/news/world/palestinians-clash-israeli-police-jerusalem-after-gaza-cease-fire-takes-n1268119
https://www.dw.com/en/israeli-police-and-protesters-clash-at-al-aqsa-mosque/a-57603949

0 Response to "Bentrokan Terjadi Antara Warga dan Polisi Israel, Selang Beberapa Jam Gencatan Senjata "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel