Fase Perkembangan Smartphone di Indonesia


Ilustrasi

Smartphone merupakan sebuah ponsel cerdas yang memiliki fungsi canggih dan hampir menyamai kecanggihan dari perangkat komputer atau laptop. Smartphone di Indonesia saat ini dikuasai oleh smartphone berbasis sistem operasi Android serta IOS milik iPhone.

Fase Perkembangan Smartphone

1. Fase Nokia Komunikator
Smartphone pertama yang ada di Indonesia adalah jenis komunikator yang diproduksi oleh Nokia. Nokia komunikator ini mulai digunakan pada awal tahun 2000-an.

2. Fase PDA Phone
PDA Phone sering digunakan oleh kalangan eksekutif yang terlihat selalu sibuk dengan pekerjaanya pada tahun 2005-an. PDA Phone ini memiliki sistem operasi Wondows Phone.

3. Fase Nokia Symbian
Nokia Symbian merupakan smartphone yang sangat terkenak pada zamannya, meskipun hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa Nokia Symbian termasuk dari salah satu smartphone. Nokia Symbian memiliki fitur yang lumayan lengkap, seperti multitasking, bermain game, internet, music player, perekam video, bahkan mengedit file Microsoft Word. Nokia Symbia mulai dikenal pada tahun 2005 sampai dengan awal 2010.

4. Fase Blackberry
Smartphone yang terkenal dengan aplikasi chatting Blackberry Massenger atau BBM mulai dikenal pada tahun 2009-an. Fitur dan aplikasi Blackberry yang beragam serta paket internet yang terjangkau menjadikan Blackberry banyak diminati bahkan menggeser keberadaan Nokia Symbian. Namun pada tahun 2013 keberadaan Blackberry mulai mengalami kemerosotan.

5. Fase iPhone
Diawal kemunculannya, iPhone merupakan sebuah smartphone yang eksklusif karena harganya yang sangat mahal. Meskipun begitu sampai saat ini pengguna smartphone tetap banyak, bahkan kehadiran iPhone tipe terbaru selalu dinanti dan diburu sampai saat ini.

6. Fase Android
Meskipun belum menyamai kepopuleran Blackberry pada masa itu, Android memiliki peminat tersendiri karena layarnya yang cukup besar dan menggunakan touchscreen. Semakin hari Android semakin berkembang, dengan banyaknya merek serta aplikasi yang dapat diinstal, membuat Android semakin popular mengalahkan Blackberry. Bahkan pada tahun 2013 setelah aplikasi chatting yang hanya dimiliki Blackberry dapat digunakan di Android, banyak pengguna Blackberry yang beralih menggunakan Android.

7. Fase Lumia (Windows Mobile)
Setelah Nokia tumbang dengan Symbian-nya, Nokia bekerja sama dengan Microsoft untuk kembali memproduksi smartphone bersistem operasi Wondow Mobile dan diberi nama Nokia Lumia. Namun sekitar tahun 2015, Nokia Lumia bersama dengan Windows Phone tidak bisa bertahan.

Itulah beberapa fase perkembangan smarthphone di Indonesia, dari mulai kehadirannya sampai dengan smartphone yang masih bertahan sampai dengan saat ini, dan setiap hari kita gunakan menemani aktifitas kita sehari-hari. (acr***)

1 Response to "Fase Perkembangan Smartphone di Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel