Syarat dan Rukun dalam Islam


Sebagai seorang muslim, tentunya kita harus memahami pengetahuan dasar tentang islam, slah satunya adalah tentang Syarat dan Rukun dalam Islam yang akan diulas berikut ini.

1.    Syarat
Syarat ialah suatu yang harus ditepati sebelum mengerjakan sesuatu. Kalua syarat-syarat sesuatu tidak sempurna maka pekerjaan itu tidak sah.

2.    Rukun
Rukun ialah sesuatu yang harus dikerjakan dalam memulai suatu pekerjaan, rukun disini berarti bagian yang pokok seperti membaca fatihan dalam shalat merupakan pokok bagian shalat. Tegasnya shalat tanpa fatihah tidak sah. Jadi shalat dengan fatihah tidak dapat dipisah-pisahkan.

3.    Sah
Sah artinya cukup syarat rukunnya dan betul.

4.    Batal
Batal artinya tidak cukup syarat rukunnya, atau tidak betul. Jadi apabila suatu pekerjaan atau perkara yang tidak memenuhi syarat rukunnya berarti perkara itu tidak sah, atau dianggap batal.

Itulah sekilas pembahasan tentang syarat dan rukun yang harus diketahui dan dipahami oleh seoarang muslim. Meskipun terlihat sepele namun, pengetahuan syarat dan rukun menentukan suatu pekerjaan menjadi sah maupun sebaliknya batal. (acr*)

0 Response to "Syarat dan Rukun dalam Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel