Teknik Pengambilan Gambar Bergerak Menggunakan DSLR dan Camcorder

Ada beberapa teknik pengambilan gambar bergerak baik yang menggunakan DSLR maupun Camcorder, diantaranya adalah :

A. Pengambilan Gambar Menggunakan Kamera DSLR


1. Sikut Menekan Tubuh
Tangan kiri memegang kamera sambil jari-jari memegang grip zoom lensa, tangan kanan memegang bagian shutter kamera, disini tangan berfungsi untuk mengatur setting kamera.kedua sikut menekan tubuh, posisi ini berfungsi agar kamera tidak banyak goyang, kamera ada tumpuan dibadan sobat pastikan memegang kamera agar mudah memandu mata pada objek yang akan diambil.



2. Membuat Tumpuan Tangan Kiri
Tangan kanan memegang kamera, jari telunjuk tangan kanan disiapkan untuk shooter, sedangkan jari lainnya memegang dengan kuat bodi kamera, ini berfungsi agar kamera tidak mudah goyang. biasanya teknik ini dipakai jika sobat akan menggunakan speed lambat seperti memotret landscape.



3. Tumpuan Kedua Sikut
Tangan kiri memegang lensa dan jari-jari pada ulir lensa tangan kanan memegang shooter dan untuk setting kamera.



4. Gunakan Tumpuan Kaki saat Memotret pada Posisi Rendah atau Jongkok
Dalam posisi ini kaki kita harus menjadi tumpuan tangan agar kamera tidak mudah goyang dan menghasilkan gambar yang tajam.


5. Gunakan Benda Disekitar untuk Menambah Kestabilan.


6. Memegang kamera pada posisi tiarap
Untuk menambah esensial dan nilai seni ketika memotret,terdakang memerlukan angle lain seperti melakukan tiarap.




B. Pengambilan Gambar menggunakan Camcorder

1. Posisi Tubuh Berdiri dengan Benar
Satu lutut sedikit membengkok posisi kaki bersudut 45 derajat satu sama lain.meskipun sederhana,tehnik ini benar berpengaruh pada hasil rekaman anda. Berdirilah dengan sebelah kaki sedikit berada di depan lainnya cara ini akan meningkatkan ke stabilan badan segingga anda bisa berdiri lebih kokoh seperti dalam tehnik silat posisi kuda-kuda akan menentukan kekokohan badan anda.


2. Memegang Camracorder dengan Kedua Tangan
Meskipun camrecorder anda yang tipis disbanding yang lainnya. Lebih baik terliahat wajar dengan cara merekam yang kokoh dan perlahan,dari pada terlihat berakrobat dengan membawa kamera dengan satu tangan. Letakan satu tangan lewat grif (supaya mudah menjangkau tombol zoom dan rekam) dan gunakan tangan satu nya untuk membatu memeggang kamera.


3. Menurunkan Lutut 
Untuk menurunkan pusat grafitasi badan anda bisa mengurangi guncangan camrecorder berlutut dengan lutut kiri dilantai dan menempatkan siku yang memegang camrecorder pada lutut kanan akan memberi pondasi yang kokoh bagi rekaman anda.


4. Letakan Kamera pada Bidang Datar
Kadang- kadang cara terbaik untuk merekam tanpa guncangan dalah dengan tidak memegang camrecorder. Cari suatu permukaan yang kokoh sehingga anda bisa mengatur kamera saat sedang merekam, hanya dengan remot control, bagian atas meja,bangku,mobil dll.




Penulis : Aam Sukmawan, Cecep Hamid, Ikbal Fauzan, Sidik Permana, M. Ihsan Arifin, M. Zidane Fauzi

0 Response to "Teknik Pengambilan Gambar Bergerak Menggunakan DSLR dan Camcorder"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel