Cara Kerja Prosesor


Pengertian Prosesor
Processor adalah secara singkat dapat di artikan sebagai otak komputer, processor pada umumnya sering disebut juga dengan CPU (Central Processing Unit), yaitu suatu chip yang berupa IC (Integrated Circuit) yang mengontrol keseluruhan sistem komputer khususnya dalam menjalankan intruksi, pengolah dan digunakan sebagai pusat ataupun otak dari kegiatan komputer dalam melakukan perhitungan serta menjalankan tugas input dan output.

Prosesor terletak pada soket yang terdapat di Motherboard, mengelolanya dan melakukan komunikasi. Oleh karena itu processor ialah alat atau suatu komponen yang sangat dibutuhkan paling utama tapi kalau tidak ada komponen yang lainnya maka processor tidak dapat bekerja atau berfungsi dengan sangat baik sebab komponen komputer itu saling berkaitan satu sama lain dengan komponen yang lainnya. Bagian prosesor yang terpenting, terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu Aritcmatics Logical Unit (ALU), Control Unit (CU) dan Memory Unit (MU).

Fungsi Prosesor
Pada dasarnya fungsi sebuah prosesor adalah hanya untuk memproses data-data yang diterima dari input atau masukkan, lalu akan menghasilkan pengeluaran atau lebih dikenal dengan output.

Cara Kerja Prosesor
Adalah menjalankan sekumpulan intruksi mesin yang memberitahu processor apa saja yang harus dilakukan, berdasarkan instruksi itu, processor melakukan 3 (tiga) hal dasar diantaranya:
Menggunakan ALU (Arithmetic Logic Unit) yaitu untuk melakukan operasi matematis seperti pengurangan, penambaghan, perkalian dan juga pembagian. Mikro processor modern mengandung floating point unit yang dapat melakukan operasi-operasi yang sangat kompleks pada angka yang cukup besar. Lalu memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi yang lainnya. Mengambil keputusan serta melompat ke instruksi lain sesuai keputusan tersebut.

0 Response to "Cara Kerja Prosesor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel