Cara Kerja Memori


Pengertian Memori

Memori merupakan perangkat keras yang fungsinya begitu penting. Di dalam komputer ada berbagai macam memori seperti RAM, ROM, Cache, Static RAM, Dinamic RAM, Flash memory, VGA, BIOS dan sebagainya.

Sesuai dengan namanya fungsi dasar memori adalah untuk menyimpan data, instruksi, file baik itu untuk sementara ataupun permanen.

Cara Kerja Memori

Setiap perintah atau instruksi yang kita berikan pada komputer, entah itu anda mengetikkan huruf, angka dari keyboard, membuka aplikasi, menjalankan sistim operasi windows atau aplikasi, pertama perintah yang anda berikan akan disimpan di dalam memori sementara yang kita kenal dengan RAM.

Instruksi atau data di simpan dalam sebuah lokasi memori yang di presentasikan dalam sistim bilangan heksadesimal (basis 16).

Berikutnya processor akan melacak lokasi data tersebut secara random dan melakukan tugas membaca dan menulis data dari mereka, proses ini biasanya kita kenal dengan eksekusi data.

Jadi, prosesor selalu mengambil data dari hardisk melalui RAM, namun jika kapasitas RAM tidak mencukupi, maka windows otomatis akan membuat virtual menggunakan space memori hardisk yang masih kosong, file-file yang tidak tertampung pada RAM akan di alihkan ke virtual memori yang telah dibuat di hardisk.

Jika prosesor membutuhkan file atau instruksi yang ada dalam memori virtual, prosesor akan mengambil data yang berada pada hardisk, pada saat inilah kinerja prosesor akan menjadi lambat karena transfer data dari virtual memori tadi sangat lambat di banding file dari RAM.

Hal ini dapat terjadi karena hardisk merupakan mechanical device yang jauh bekerja lebih lambat dalam pemrosesan di banding RAM yang merupakan digital device.


http://www.perangkatkeras.net/cara-kerja-memori-komputer-baca-ini/


Baca  juga Cara Kerja Prosesor, Cara Kerja Motherboard, Cara Kerja Media Penyimpanan (Hardisk)..

0 Response to "Cara Kerja Memori"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel