Step by Step Membangun Channel YouTube


Untuk beberapa orang mungkin masih belum tahu bagaimana caranya membuat sebuah akun YouTube, meski tanpa mereka sadari selama mereka memiliki akun email khususnya Gmail, maka secara otomatis pada saat anda membuka dan mengakses website YouTube maka anda tinggal mengaktifkan Channel YouTube anda dengan cara meng-upload sebuah video. Dan tentu saja ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum membuat dan membangun Channel YouTube, sebagai berikut:

1. Menentukan ide konten yang sesuai untuk Channel YouTube anda
Tentu saja tema atau konten apa yang harus ditentukan, dibuat dan dipersiapkan secara matang. Karena tema ini akan terus digunakan selama kita membuat konten di YouTube, yang nantinya akan menjadi ciri khas dari konten Channel YouTube anda. Dan penting juga untuk melakukan riset kecil, untuk mengetahui apakah konten kita bagus atau tidak, diminati oleh penonton atau tidak.

Catatan.
Dalam membuat tema sebuah konten memang memerlukan idealis tersendiri agar terlihat berbeda dengan Channel YouTube lainnya, namun harus tetap realistis menyesuaikan dengan apa yang disukai dan dicari oleh para Subscriber.

2. Melakukan riset ide konten
Beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum membangun Channel YouTube yaitu dengan melakukan riset terhadap isi atau ide dari konten yang akan dibuat. Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan:

- Menemukan competitor; diawali dengan melihat Channel competitor, minimal 5 Channel competitor sebagai bahan perbandingan tentang materi konten yang akan anda buat

- Ide konten musiman atau tidak; sebisa mungkin menghindari ide atau konten yang sifatnya musiman. Memastikan dalam memilih konten, isinya tidak musiman melainkan tema konten yang memungkinkan untuk selalu dicari oleh Subscriber.

- Kuasai materi, hal ini penting karena dengan menguasai materi maka dalam penyampaian ide kontennya akan lebih bervariasi

- Mudah dibuat, menghindari tema atau topik konten yang sulit dibuat, berusaha menyesuaikan dengan kemampuan kita, lakukan analisa seberapa sulit mencari bahannya.

3. Menyiapkan Email dan Nomor HP
Sebelum membuat akun email, sebaiknya anda menyiapkan satu nomor HP yang nantinya berguna sebagai nomor verifikasi untuk akun email. Disarankan membuat akun email pada platform Gmail agar memudahkan dalam menghubungkan antara akun YouTube dan akun Adsense nantinya.

Pastikan akun email hanya terhubung dengan satu nomor HP yang tadi sudah dipersiapkan, selanjutnya pastikan juga penggunaan satu akun email untuk satu akun atau Channel YouTube, meskipun sebenarnya nomor HP bisa digunakan untuk beberapa akun atau Channel YouTube. Hal ini dikarenakan dalam proses verifikasi akun atau Channel YouTube, nomor HP maksimal yang dapat digunakan hanya satu untuk dua akun atau Channel YouTube, meskipun pada dasarnya satu nomor HP dapat digunakan untuk membuat beberapa Channel YouTube. Akan tetapi pada akun Adsense, ketentuan verifikasi yang bisa dilakukan untuk dua akun atau Channel YouTube hanya bisa dengan satu nomor HP dalam satu tahun.

4. Cara membuat Channel YouTube

- Jika kita membuat akun email pada platform Gmail, maka secara otomatis pada saat anda membuka website YouTube, akun Gmail tersebut menjadi Channel YouTube secara personal.

- Langkah selanjutnya adalah menentukan nama untuk Channel YouTube anda, dengan cara menuliskan nama Channel YouTube pada kolom “Buat Nama Channel Anda”.

- Lakukan pengaturan (setting) pada akun Channel YouTube anda melalui halaman beranda, mulai dari halaman branding (picture profile, banner, dan watermark); info dasar untuk menjelaskan tentang isi dari Channel YouTube anda, dengan cara menuliskan keterangan pada kolom deskripsi, dan juga beberapa pengaturan lain yang dirasa perlu.

5. Mengupload Video
Untuk memastikan bahwasannya akun atau Channel YouTube anda aktif, maka anda perlu untuk mulai meng-upload video. Dan pastikan video yang anda upload sesuai dengan tema konten yang sudah anda pilih dan persiapkan sebelumnya.

Dengan begitu, proses membuat dan membangun akun atau Channel YouTube sudah selesai dan siap untuk di publikasikan. Terimakasih sudah menyimak artikel tutorial sederhana ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Step by Step Membangun Channel YouTube"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel