Jenis Layanan Jasa Konsultan Politik Pemilu 2024


Konsultan politik merupakan penasehat atau konsultan kandidat dalam sebuah pemilihan kepala daerah, pemilihan umum wakil rakyat, atau pemilihan presiden untuk meningkatkan elektabilitas kandidat. Konsultan politik merumuskan strategi kampanye dan Menyusun komunikasi politik. berikut ini adalah jenis-jenis jasa konsultan politik.

1. Mapping; adalah riset tentang perilaku pemilih dan bagaimana pemetaan di antara mereka dengan kompetitor.
Contoh:

2. Monitoring; adalah pendampingan serta,
Contoh:

3. Mobilizing; lebih kepada eksekusi untuk pemenangan calon tertentu.
Contoh:
Melakukan kampanye door to door hingga memberi pelatihan kepada para saksi yang akan ditempatkan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).


Tugas Konsultan Politik
1. Menciptakan strategi kampanye untuk kandidat yang mengikuti pilkada atau pemilu
2. Mempelajari klien (kandidat) untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dihadapi.
3. Mempelajari karakter calon pemilih.
4. Menganalisa isu-isu sosial di masyarakat dan kebijakan-kebijakan yang sudah ada sehingga dapat merumuskan strategi kampanye yang tepat.
5. Menentukan strategi terbaik untuk memoles kandidat, agar ia popular, disukai, diterima, dan ahirnya layak dipilih.
6. Berkoordinasi dengan tim sukses kandidat, lembaga survey, agensi periklanan, media massa, dan event organizer dalam melaksanakan strategi dan kegiatan kampanye.

Berikut ini adalah beberapa kemampulan yang seyogyanya dimiliki oleh seorang konsultan politik.
1. Kelancaran Ide
Kemampuan menghasilkan banyak ide untuk satu topik (total ide adalah yang terpenting, bukan kualitas, kebenaran, maupun kreativitas)
2. Penalaran Induktif
Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung)
3. Sensitivitas Masalah
Kemampuan untuk memberitahu Ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.
4. Orisinalitas
Kemampuan untuk mendatangkan ide-ide yang tidak biasa atau ide cemerlang terhadap topik atau situasi yang diberikan, atau untuk mengembangkan cara-cara kreatif dalam memecahkan masalah.

Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang konsultan politik adalah sebagai berikut:
1. Koordinasi
Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.
2. Berpikir kritis
Menggunakan logika dan penalaran untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani.
3. Pertimbangan dan pengambilan keputusan
Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.
4. Persuasi
Membujuk orang lain untuk mengubah pikiran dan perilaku mereka.
5. Kepekaan sosial
Menyadari reaksi orang lain, kemudian memahami mengapa mereka bertindak seperti itu.
6. Negosiasi
Membawa orang lain bersama-sama dan berusaha untuk mendamaikan perbedaan.

Sedangkan untuk menunjang baik dalam seri teori maupun teknis, sebagai seorang konsultan politik diharapkan memiliki beberapa latar belakang yang memadai, diantaranya:
1. Administrasi dan Manajemen
Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, Teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.
2. Komunikasi dan Media
Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta Teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.
3. Bahasa Inggris
Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata Bahasa.
4. Hukum dan Pemerintahan
Pengetahuan tentang hukum, aturan hukum, prosedur pengadilan, preseden, regulasi pemerintah, perintah ekskutif, aturan Lembaga, dan proses politik yang demokratis.

0 Response to "Jenis Layanan Jasa Konsultan Politik Pemilu 2024"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel