Situ Ciburuy Setelah di Revitalisasi


Jika kita bepergian ke Jakarta tanpa menggunakan jalan tol, sebaliknya menggunakan jalur Cianjur-Puncak Bogor, masih di daerah Bandung Raya tepatnya Kabupaten Bandung Barat, kita akan menemui dan melewati sebuah danau yang letaknya tepat berada di pinggir jalan, tepatnya kalau tujuan kita ke arah Jakarta berarti posisi danau tersebut ada di sebelah kanan seberang jalan.

Danau ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Jawa Barat, khususnya Kabupaten Bandung Barat. Danau ini terkenal dengan nama Situ Ciburuy (bahasa sunda), kalau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Danau Ciburuy.

Situ Ciburuy adalah salah satu Situ yang dibangun pada masa Hindia Belanda, tepatnya di tahun 1925. Dalam sebuah sejarah, situ ini disebut sebagai peninggalan Prabu Siliwangi, dimana situ ini menjadi arena pertarungan para jawara di Pulau Jawa. Situ Ciburuy awalnya merupakan dua buah sungai kecil yang bertemu di Desa Ciburuy, yang kemudian pada tahun 1918 lokasi pertemuan dua sungai tersebut dibendung untuk kepentingan pengairan sawah.

Situ Ciburuy memiliki bendungan yang semakin tinggi dan genangan air yang semakin luas, hingga berkisar 14,76 hektar. Di tengah situ ciburuy terdapat sebuah pulau kecil, di pulau tersebut terdapat sebuah bangunan yang menyerupai rumah makan atau restauran. Situ Ciburuy memiliki sebuah cerita yang sangat menarik, dimana hanya warga di sekitar Situ Ciburuy yang dapat dengan mudah memancing ikan, sedangkan untuk pemancing dari luar wilayah Situ Ciburuy akan mendapatkan kesulitan mendapatkan ikannya, sehingga sering dijadikan sebuah gimic dalam bahasa sunda yaitu, “lauk Situ Ciburuy hese dipancing” (ikan di Situ Ciburuy susah dipancing).

Salah satu fungsi Situ Ciburuy adalah sebagai sumber air, baik air baku maupun irigasi, perikanan atau salah satu tujuan para pemancing meskipun konon ikan di Situ Ciburuy ini susah di pancing. Selebihnya Situ Ciburuy berfungsi sebagai kawasan pariwisata, juga sering dimanfaatkan oleh atlit-atlit olahraga air seperti dayung untuk berlatih, baik atlit dari lokal maupun dari luar daerah.

0 Response to "Situ Ciburuy Setelah di Revitalisasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel