Perkebunan Teh Sukawana, Objek Wisata Sejuk dan Bebas Polusi Udara


Perkebunan teh sukawana terletak di Desa Karyawangi Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Pada awalnya perkebunan teh ini bernama perkebunan teh pangheotan, yang diambil dari seorang meneer Belanda yang bernama Van Houten yang memiliki perkebunan disini. Saat ini perkebunan teh ini di kelola oleh PTPN VIII dan dirubah namanya menjadi perkebunan teh Sukawana. Disini terdapat juga pabrik pengolahan the yang mengutamakan hasilnya untuk di ekspor ke luar negeri.

Perkebunan teh ini menawarkan pemandangan hamparan pohon teh yang hijau, dengan hawa sejuk dan udara yang bebas dari polusi, karena perkebunan ini tepat berada di kaki gunung antara gunung tangkuban perahu dan gunung burangrang.

Lokasi perkebunan teh sukawana tidak terlalu jauh dari kita Bandung, tepatnya berada di Bandung bagian utara atau masuk wilayah kabupaten Bandung Barat yang berbatasan dengan Kota Cimahi. Untuk menuju perkebunan ini memang tidak ada angkutan khusus, namun kita bisa mencapai lokasi perkebunan teh sukawana ini dengan mengendarai sepeda motor maupun mobil. Namun disarankan menggunakan sepeda motor atau mobil 4x4 karena kontur jalannya yang berbatu khas perkebunan teh.

Tidak sekedar melihat pemandangan kebun teh yang terhampar hijau dan hawa yang sejuk, namun di area perkebunan teh sukawana ini kita melakukan berbagai macam aktivitas mulai dari hiking (tea walk), camping, bersepeda, maupun sekedar mengambil foto di spot-spot tertentu. Maka tak ayal wilayah ini menjadi destinasi wisata alam yang sering dikunjungi baik oleh wisata domestik maupun mancanegara.

Pengunjung dapat datang ke perkebunan teh sukawana mulai dari pukul 05.00 s.d 17.00 Wib. Untuk tiket masuknya sendiri pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5000,.

Bahkan untuk menunjang setiak aktivitas pengunjung di perkebunan teh sukawana, baik tea walk, camping maupun sekedar foto-foto, terdapat sebuah warung yang menyediakan berbagai kebutuhan pengunjung dari sekedar jajanan biasa, minuman dingin, kopi, sampai dengan nasi liwet tersedia di warung ini. Bahkan jika kita membutuhkan kayu bakar untuk keperluan camping, juga tersedia di warung ini. Namanya adalah saung liwet, lokasinya tepat beradai di tengah perkebunan teh sukawana, bahkan di saung liwet ini tersedia juga penginapan ala-ala camping yang bisa disewa jika kita ingin camping tapi tidak membawa tenda dan persiapan camping lainnya.


0 Response to "Perkebunan Teh Sukawana, Objek Wisata Sejuk dan Bebas Polusi Udara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel