Sendang Geulis Kahuripan, Mata Air Alami di Bandung Barat


Sendang Geulis Kahuripan atau Talaga Kahuripan masyarakat setempat biasa menyebutnya, atau ada juga yang menyebut dengan nama Sirah Cai Kahuripan, merupakan sebuah danau di pegunungan yang memberi kehidupan. Jika diartikan satu persatu maka memiliki arti kurang lebih sebagai berikut; Sendang berarti kolam di pegunungan, sementara Geulis dalam bahasa sunda berarti cantik, dan Kahuripan memiliki arti kehidupan.

Secara keseluruhan arti dari Sendang Geulis Kahuripan adalah kolam di pegunungan yang berasal dari mata air segar dan memiliki pemandangan cantik. Mata air sendang geulis kahuripan memancar dari bebatuan yang berada di bawah pohon, dan jika debit airnya sedang besar terkadang mata air ini memancar seperti halnya curug (air terjun) kecil. Tempat ini juga mempunyai manfaat sebagai pemberi kehidupan bagi masyarakat yang ada di sekitarnya.

Sendang geulis kahuripan ini terletak di tengah-tengah perkebunan teh, dan diapit oleh hutan pinus tepat dimana sumber air sendang geulis kahuripan memancar sepanjang tahun tanpa pernah kering bahkan saat musim kemarau, meskipun terkadang debit airnya mengecil namun kejernihan airnya tetap terjaga.

Untuk menuju mata air sendang geulis kahuripan bisa melalui beberapa jalur meskipun letaknya berada di Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat. Letaknya yang berada di tengah perkebunan teh dari arah barat dapat ditempuh dari Desa Ganjarsari Kecamatan Cikalongwetan. Dengan terlebih dahulu melewati perkampungan, dilanjutkan mengikuti jalur pekebunan teh dengan jalan berbatu. Meskipun jalannya berbatu, namun pemandangan alam disini sangat indah dan asri. Kita bisa menggunakan mobil jenis apapun, namun disarankan mobil 4x4 karena medan atau jalan yang berbatu. Menggunakan motor juga lebih disarankan, selalin karena jalannya berbatu dengan menggunakan motor kita bisa langsung parkir di lokasi yang relatif dekat dengan mata air sendang geulis kahuripan, dibanding jika kita menggunakan mobil.

Untuk jalur lain menuju sendang geulis kahuripan, kita bisa menggunakan jalur dari arah Desa Cipada Kecamatan Cisarua. Namun jika dari jalur ini memang lebih banyak jalan perkebunan yang berbatu, namun relatif rata di banding jalur perkebunan yang dari arah Desa Ganjarsari Kecamatan Cikalongwetan. Kalau dari jalur Cipada Cisarua, kita akan melewati sebuah pabrik pengolahan teh yang sudah sangat tua, yaitu pabrik teh PTPN VIII Green Tea dan Oolong Pangheotan.

Sumber mata air Sendang Geulis Kahuripan, selain kita bisa langsung berendam di kolam mata airnya, disini juga sudah tersedia kolam renang yang tentu saja air kolamnya berasal langsung dari mata air sendang geulis kahuripan yang di alirkan melalui pipa-pipa. Kejernihan dan kesegaran mata air sendang geulis kahuripan sudah tidak diragukan lagi, tempatnya yang masih asri cocok untuk temapt camping jika sewaktu-waktu mengunjunginya. Masalah makanan tidak perlu khawatir, jika kita tidak membawa bekal bisa memesan langsung di lokasi, karena disini terdapat juga warung yang menjajakan aneka makanan termasuk jika kita ingin memesa nasi liwet.

Sumber air sendang geulis kahuripan berada di wilayah RPH Cikalongwetan, BPKH Padalarang Perum Perhutani BPKH Bandung Utara. Terletak di kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat.

0 Response to "Sendang Geulis Kahuripan, Mata Air Alami di Bandung Barat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel