Modul PKK Multimedia. Mengevaluasi Kesesuaian Hasil Produk dengan Rancangan



Mengevaluasi Kesesuaian Hasil Produk dengan Rancangan

A. Kompetensi Dasar
3.15 Mengevaluasi kesesuaian hasil produk dengan rancangan
4.14 Melakukan pemeriksaan produk sesuai dengan kriteria kelayakan produk/standar operasional

B. Indikator Pencapaian
3.15.1 Menjelaskan kesesuaian hasil produk dengan rancangan
3.15.2 Menganalisis kesesuaian hasil produk dengan rancangan
4.15.1 Melakukan pemeriksaan produk sesuai dengan kriteria kelayakan produk/standar operasional


C. Materi Pokok

1. Pengertian Evaluasi


Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas dari suatu produk berdasarkan pertimbangan serta kriteria tertentu dalam rangka pembuatan keputusan.

Menurut pengertian Bahasa, kata evaluasi berasal dari kata evaluation dalam Bahasa inggris yang berarti penilaian atau penaksiran.

Wujud dari hasil evaluasi adalah sebuah rekomendasi dari evaluator untuk mengambil keputusan. Ada 3 kemungkinan kebijakan yang dapat dilakukan berdasarkan hasil dalam pelaksanaan sebuah evaluasi, yaitu:

a. Menghentikan produk, karena dipandang bahwa produk tersebut tidak ada manfaatnya, atau tidak dapat terlaksana sebagaimana diharapkan.

b. Merevisi produk, karena pelaksanaan produk menunjukkan bahwa segala sesuatu sudah berjalan sesuai dengan harapan dan memberikan hasil yang bermanfaat.

c. Menyebarluaskan produk, karena produk tersebut berhasil dengan baik maka sangat baik jika produk tersebut disebarkan dalam area yang luas.


2. Tujuan Evaluasi

Tujuan evaluasi adalah untuk mengetahui pencapain tujuan suatu hal atau program dengan langkah mengetahui keterlaksanaan kegiatan program. Dengan adanya evaluasi seorang wirausaha dapat memutuskan apakah rencana yang sudah dibuat berjalan sesuai dengan rencana atau tidak. Apabila produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan rancangan maka perlu diambil langkah lebih lanjut untuk mengatasinya.


3. Proses Evaluasi

- Menentukan apa yang akan di evaluasi
- Merancang (desain) kegiatan evaluasi
- Pengumpulan data
- Pengolahan dan analisi data
- Pelaporan hasil evaluasi


4. Melakukan Pemeriksaan Kelayakan Produk

Produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam pemasaran, produk adalah apapun yang dapat di tawarkan ke sebuah pasar dan dapat memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Produk dikatakan baik apabila memenuhi standar operasional prosedur (SOP).

a. Kriteria kelayakan produk

Kelayakan produk adalah kriteria penentuan apakah suatu produk baik untuk digunakan atau tidak. Suatu produk diukur dengan 4 macam kelayakan, yaitu:

- Kelayakan teknis; efektifitas dan ketercukupan
- Kelayakan ekonomi dan finansial; biaya dan keuntungan
- Kelayakan politis; perkiraan pengaruh produk terhadap berbagai peran atau kekuatan politik di lingkungan masyarakat.
- Kelayakan administratif; mengukur apakah produk tersebut dapat diterapkan dalam sistem administrasi pemerintah yang ada.

Selain diukur dengan kriterian kelayakan di atas, kelayakan juga dapat diukur dengan menggunakan kriterian:

- Meintainabilit/maintenance; produk harus dapat dipelihara dan dirawat mengikuti perkembangan zaman.
- Dependability; harus dapat diandalkan oleh pengguna.
- Efficiency; ukuran tingkat penggunaan sumber daya dalam suatu proses.
- Usability; tingkat kualitas dari sistem yang mudah dipelajari, mudah digunakan, dan mendorong pengguna untuk menggunakan sistem tersebut sebagai alat bentu positif dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

b. Standar operasional prosedur (SOP)

SOP adalah suatu standar berisi serangkaian prosedur yang harus dilakukan secara kronologis dan sistematis dalam menyelesaikan suatu fungsi tertentu dengan tujuan agar memperoleh hasil kerja paling efektif. Dalam pembuatan dan penerapan SOP perlu memenuhi prinsip:

- Konsistensi; konsisten dari waktu ke waktu oleh siapapun dengan kondisi apapun.
- Komitmen; SOP dipenuhi dan dilaksanakan dengan penuh komitmen.
- Perbaikan kelanjutan; tidak bersifat kaku dan harus terbuka dengan penyempurnaan untuk membentuk prosedur yang lebih efektif dan efisien.
- Mengikat; SOP bersifat mengikat bagi siapapun. Fungsi produk harus diselesaikan sesuai dengan prosedur yang sudah tertulis dalam SOP.
- Setiap unsur memiliki peran penting; jika terdapat satu komponen yang tidak melaksanakan perannya dengan baik maka dapat mengganggu fungsi komponen lainnya.
- Terdokumentasi; dilakukan dokumentasi dengan baik sehingga dapat dijadikan referensi.


5. Komponen Evaluasi

Model evaluasi CIPP adalah model evaluasi yang terdiri dari empat komponen evaluasi yaitu, Context, Input, Process, dan Product (CIPP).

a. Evaluasi Context mentukan kebutuhan dan masalah-masalah untuk menetapkan tujuan. Evaluasi konteks merupakan need assessment kebutuhan pengembangan produk di perusahaan. Sasaran evaluasi mencakup permasalahan yang dihadapi para pembuat produk/produsen, seperti: sulitnya mencari pelanggan tetap dan mencari lokasi yang strategis.

b. Evaluasi Input berfokus pada pengumpulan informasi input yang penting seperti pelaksanaan rencana kegiatan, sumber daya (SDM, bahan baku, keuangan), penyediaan sarana, penyediaan biaya efektif untuk penyiapan kebutuhan dan pencapaian tujuan.

c. Evaluasi Process (dapat disebut monitoring) berkenaan dengan kajian seberapa jauh pelaksanaan operasional produk yang telah berjalan secara efektif, menilai pelaksanaan rencana, kemudian membantu pengguna menilai kinerja produk, dan membuat penafsiran hasilnya.

d. Evaluasi Produk yakni evaluasi keluaran (output) yakni mengidentifikasi dan menilai hasil baik jangka pendek dan jangka panjang. Evaluasi keluaran terarah pada hasil langsung (direct) program. Kinerja SDM dan efektivitas produk yang teramati pada akhir implementasi program akan dinilai pada tahap ini.


6. Manfaat Evaluasi

Brinkerhoff menambahkan dalam pelaksanaan evaluasi setidaknya ada 7 elemen yang harus dilakukan yaitu:

a. Fokus pada apa yang akan di evaluasi (focusing the evaluation)
b. Memiliki rancangan evaluasi (designing the evaluation)
c. Mengumpulkan informasi (collecting information)
d. Menganalisis dan menginterpretasikan informasi (analyzing and interpretion)
e. Membuat laporan (reporty information)
f. Pengaturan/pengelolaan evaluasi (managing evaluation)
g. Evaluasi untuk evaluasi (evaluaty evaluation)

2 Responses to "Modul PKK Multimedia. Mengevaluasi Kesesuaian Hasil Produk dengan Rancangan"

  1. thanks bro modulnya bermanfaat, insyaAllah berkah aamiin.. :D

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel