Cezeri, Mobil Terbang Pertama Turki


Dilansir dari
turkenesia.net yang bersumber dari Daily Sabah/Anadolu Agency terkait Turki yang sebelumnya memberitakan kesuksesan negara tersebut dengan drone bersenjata, kali ini berita tentang menantu Erdogan yang kembali berhasil uji mobil terbang pertama di Turki.

Mobil terbang pertama Turki yang di produksi dalam negeri, Cezeri, telah berhasil menyelesaikan uji terbang pertamanya, merunut penuturan pengembang kendaraan udara Baykar.

Prototipe mobil terbang seberat 230 kilogram yang dirancang dan diproduksi oleh sejumlah insinyur Turki di pabrik Baykar mampu terbang sekitar 10 meter selama pengujian yang dilakukan di bawah pengawasan kepala petugas teknologi perusahaan, selcuk Bayraktar yang juga merupakan menantu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Bayraktar menambahkan, diperkirakan akan memakan waktu sekitar 10 sampai dengan 15 tahun bagi Cezeri untuk mencapai jalan raya, dan sekitar 3 sampai dengan 4 tahun untuk bisa digunakan sebagai tujuan rekreasi seperti sepeda roda empat di daerah pedesaan.

Cezeri saat ini hanya dapat membawa satu penumpang, akan tetapi untuk versi berikutnya akan memiliki ruang lebih banyak. Kendaraan tersebut akan digunakan untuk transportasi perkotaan di masa depan.

Mobil ini diberi nama Ismail al-Jazari, ini sesuai dengan salah satu nama penemu dan insinyur  Muslim terbesar di Zaman Keemasan Islam yang tinggal di Anatollia Timur selama abad ke-12.

Baykar didirikan pada tahun 1984, perusahaan ini memproduksi drone bersenjata dan tidak bersenjata, sistem kontrol, simulator, dan siste avionik. Dimana pada september 2019 lalu Cezeri ditampilkan di Teknofest, pameran teknologi dan kedirgantaraan Turki di Istambul.

0 Response to "Cezeri, Mobil Terbang Pertama Turki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel