Cara Memotong Obyek (Shape) di Aplikasi Microsoft PowerPoint


Saat kita bekerja dengan Microsoft Power Point (PTT) untuk membuat sebuah file presentasi, selain menggunakan template yang sudah tersedia terkadang kita ingin mendesain template sendiri secara custom. Proses desain template secara custom tersebut adakalanya menggunakan beberapa obyek (shape) atau penggabungan beberapa obyek. Seringkali kita perlu memotong obyek tersebut untuk menyesuaikan dengan desain template custom yang kita buat.

Berikut adalah langkah memotong obyek (shape) di Microsoft Power Point.

1. Buka aplikasi Micrososft Power Point. 



2. Pilih menu Insert arahkan ke sub menu Shapes pilih Rectangle selanjutnya drag kursor pada area kerja PowerPoint sesuai keinginan. 



3. Buat lagi obyek rectangle dengan ukuran memanjang, tempatkan di tengah obyek rectangle yang dibuat sebelumnya atau pertama kali.



4. Selanjutnya pada sub menu Rotate pilih More Rotation Options.



5. More Rotation Options (Format Shape) digunakan untuk mengatur skala dan kemiringan obyek rectangle yang akan digunakan untuk memotong obyek rectangle pertama. 




6. Tekan tombol CTRL pada keyboard untuk menyatukan obyek rectangle ke 1 dan obyek rectangle ke 2, selanjutnya pilih menu Merge Shape dan klik Fragment.



7. Tekan tombol CTRL, bersamaan arahkan kursor ke bagian obyek rectangle sebelah kiri sambil menekan Klik kiri pada kursor.



8. Langkah terakhir untuk memotong obyek/shape adalah dengan menekan tombol Delete pada keyboard. Berikut hasilnya.



Terimakasih sudah menyimak tutorial sederhana memotong obyek/shape pada aplikasi Microsoft Power Point, semoga bermanfaat.




Berikut adalah link untuk download file Tutorialnya. 


Author.
yogantara

contact. 
awiracr@gmail.com

0 Response to "Cara Memotong Obyek (Shape) di Aplikasi Microsoft PowerPoint"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel