Keistimewaan Puasa Ramadhan

Ilustrasi Puasa Ramadhan.

Menurut bahasa, puasa adalah menahan diri dari sesuatu. Seperti menahan diri dari makan, minum, dan perbuatan yang lain. Sedangkan menurut syariat, puasa adalah menahan diri dari makan, minum, dan segala perbuatan yang membatalkannya dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Puasa Ramadhan hukumnya wajib bagi setiap muslim dan muslimat yang terpenuhi syarat wajibnya. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah, 2:183)

Puasa Ramadhan merupakan salah satu dari rukun Islam yang lima, Nabi SAW bersabda:

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًارَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Artinya: “Islam itu ditegakkan atas lima azas yaitu: (1) Bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan kecuali Allah, dan bersaksi bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad adalah utusan Allah. (2) Mendirikan shalat. (3) Menunaikan zakat. (4) Berhaji ke Baitullah. (5) Berpuasa dalam bulan Ramadhan.” (Hadits Shahih, riwayat al-Bukhari: 7 dan Muslim: 19)


Keistimewaan Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan memiliki keistimewaan yang dapat diperoleh seorang muslim yang menjalankannya. Beberapa keistimewaan tersebut adalah:

1. Meningkatkan Ketaqwaan
Puasa Ramadhan menjadi momen bagi umat muslim untuk meningkatkan ketaqwaan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selama berpuasa, seorang muslim dituntut untuk menjauhi perbuatan dosa dan meningkatkan kebaikan serta amal ibadah lainnya.

2. Meningkatkan Empati
Puasa Ramadhan juga menjadi momen untuk meningkatkan empati dan kepedulian kepada sesama. Seorang muslim yang berpuasa akan lebih memahami perjuangan dan kesulitan yang dialami oleh orang yang tidak memiliki akses terhadap makanan dan minuman.

3. Meningkatkan Kesehatan
Puasa Ramadhan dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Selama berpuasa, tubuh menjadi lebih terbiasa untuk beradaptasi dengan kurangnya asupan makanan dan minuman, sehingga dapat memperbaiki metabolisme tubuh.

4. Menjadi Lebih Sabar dan Disiplin
Puasa Ramadhan membutuhkan kesabaran dan disiplin yang tinggi. Seorang muslim dituntut untuk menahan diri dari makan dan minum selama satu hari penuh. Hal ini dapat membentuk karakter seseorang menjadi lebih sabar dan disiplin dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Selain itu, puasa Ramadhan juga mengajarkan pentingnya pengendalian diri dalam menghadapi godaan dan cobaan yang datang dalam kehidupan.

0 Response to "Keistimewaan Puasa Ramadhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel