Empat Keutamaan Shalat Tahajud


Shalat tahajud adalah salah satu shalat sunah yang paling utama dilaksanakan oleh umat Islam. Karena keutamaannya yang besar, shalat tahajud sangat dianjurkan untuk dilakukan. Shalat tahahud tidak memiliki batasan rakaat maksimal. Namun paling tidak, shalat tahajud dilaksanakan dua rakaat.

Secara bahasa, tahajud memiliki arti berupaya melawan atau meninggalkan tidur. Sementara secara istilah fiqih adalah shalat sunah malam hari yang dilakukan setelah tidur. Hukum shalat tahajud adalah sunah berdasarkan ijma’ ulama. Kesunahannya bersifat muakkad atau sangat kuat karena selalu dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW (Al-Bakri bin as-Sayyid Muhammad Syattha ad-Dimyathi, Hasyiyyah I’anatuth Thalibin, I: 257; Muhammad as-Syirbini al-Khatib, al-Iqna’ fi Halli Alfazhi Abi Syuja’, I: 116)

Keutamaan shalat tahajud disebutkan dalam Al-Qur’an dan hadits yang di antaranya sebagai berikut:


وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا


Artinya: “Dan dari sebagian malam shalat tahajudlah kamu (Muhammad SAW) dengan membaca Al-Qur’an (di dalamnya) sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu menempatkan pada tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra: 79).


Orang yang melaksanakan sholat tahajud akan mendapatkan empat keutamaan, yaitu:

1. Allah akan mengangkat karir, pekerjaan atau aktivitasnya di tempat yang terbaik
Misalnya seorang pengusaha atau seorang yang berkarir di kantor, atau dimanapun. Maka Allah SWT akan menolong mengangkat kariernya ke tempat terbaik. Meskipun tempat terbaik itu tidak selalu puncak tertinggi, akan tetapi lebih pada tempat yang bisa membuat hidup nyaman, bergaul nyaman, dan beribadah-pun nyaman dan tenang serta dijauhkan dari hal-hal yang maksiat.

2. Allah SWT akan bimbing setiap ahli tahajud
Allah SWT akan bimbing setiap ahli tahajud sehingga menjalani awal pekerjaan maupun aktivitasnya dengan mudah dan benar.

3. Allah SWT memberikan jalan keluar terbaik dari setiap persoalan
Allah SWT akan memberikan kepada setiap ahli tahajud jalan keluar terbaik dari setiap masalah dan persoalan yang dirasakan. Setiap masalah yang mendera, sebelum masalah itu hadir Allah SWT meringankan permasalahan tersebut, seolah tidak terjadi masalah dan terasa ringan saat mendapat ujian dan melalui permasalahan tersebut.

4. Allah SWT akan tolong langsung dari keburukan
Allah SWT akan tolong langsung dari keburukan termasuk ketika ada lingkungan sekitar yang akan menyakiti atau menjahilinya. Misal di ganggu atau di isengi orang dan sebagainya, Allah SWT akan langsung melindunginya.

Ustadz Adi Hidayat dalam salah satu tausiyahnya, para penghuni taman surga memiliki kebiasaan sering bangun malam, melakukan tahajud dan banyak beristighfar kepada Allah SWT menjelang fajar. Mereka juga dikenal sebagai ahli akhirat yang sedikit tidur, sementara ahli dunia cenderung tidur lebih banyak. Itulah empat keutamaan seseorang yang ahli tahajud, semoga bermanfaat.

0 Response to "Empat Keutamaan Shalat Tahajud"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel