Gununghalu, Menyimpan Keindahan Alam yang Istimewa


Mengutip dari youtube awiracr dan blog blogacr, Kecamatan Gununghalu dikenal sebagai kecamatan yang asri dan sejuk serta keindahan alamnya yang masih terjaga membuat kecamatan Gununghalu menjadi destinasi wisata. Gunughalu adalah sebuah kecamatan terluar dan paling selatan di Kabupaten Bandung Barat yang berbatasan dengan Ciwidey Kabupaten Bandung. Kecamatan Gununghalu merupakan kecamatan yang mencakup wilayah yang sangat begitu luas. Kecamatan ini memiliki luas 160.64 km².

Kondisi geografis yang terbilang baik, di mana keadaan alam masih terjaga dan asri serta memiliki berbagai potensi keindahan alam yang masih tersembunyi, membuat beberapa tempat di Kecamatan Gununghalu sangat berpotensi apabila dikembangkan menjadi destinasi wisata. Salah satu bukti nyata akan potensi tersebut alah satunya dengan hadirnya pesona wisata Curug Malela.

Keindahan alam di Gununghalu menjadikannya sebagai tempat destinasi wisata. Salah satu destinasi wisata yang ada di Gununghalu adalah Curug Malela. Curug Malela atau dalam bahasa Indonesia berarti Air Terjun Malela memiliki sumber air terjun yang berasal dari hulu sungai bagian Utara Gunung Kendeng, yaitu sebuah gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey yang telah mati dan kemudian mengalir melintasi sungai cidadap – Gunung Halu. Air sungai ini cukup deras dan jika kita sedang beruntung, maka kita bisa melihat ratusan ekor monyet ekor panjang (macaca pasciscularis) yang sedang minum air di bawah Curug Malela.

Adapun potensi lain mengapa Kecamatan Gununghalu dapat berpotensi dikembangkan sebagai daerah wisata adalah terdapat kawasan-kawasan strategis seperti hutan pinus, kebun teh, kopi, serta didukung oleh kegiatan pertanian masyarakat yang sangat mampu mendukung perekonomian jika dikembangkan lebih lanjut sebagai kawasan destinasi wisata.

0 Response to "Gununghalu, Menyimpan Keindahan Alam yang Istimewa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel