Curug Ceret Naringgul Cianjur

Curug Ceret merupakan sebuah air terjun yang letaknya persis berada di pinggir jalan, tepatnya jalan Ciwidey-Naringgul. Kalau kita melakukan perjalanan dari Ciwidey (Kab, Bandung) ke Naringgul (Kab. Cianjur) ataupun sebaliknya, kita akan menenukan curug yang berada di pinggir jalan, nah itulah Curug Ceret sebutan orang pada umumnya.

Curug Ceret airnya sangat jernih, dengan ketinggian air terjun kurang lebih 80 meter membuat cipratannya membasahi jalan yang hanya berjarak 5 meter dari air terjun. Cipratan air inilah yang kemudian menjadi nama dari air terjun ini, yang dalam bahasa sunda cipratan diartikan sebagai ceret (ceretan) dan air terjun sendiri disebut curug, jadilah air terjun tersebut bernama Curug Ceret atau secara sederhana dapat diartikan sebagai air terjun yang menyiprat.

Air terjun yang sifatnya musiman ini karena hanya akan terlihat saat setelah datangnya hujan, tidak jarang curug ini menghilang atau kering terutama pada saat musim kemarau panjang. 

Keunikan curug ini, selain sifatnya yang musiman curug ini terbilang unik karena letaknya berada persis di pinggir jalan raya, jadi memudahkan siapa saja yang melintasi jalan raya Ciwidey-Naringgul bisa melihatnya langsung, bahkan bisa saja menyempatkan berhenti untuk sekedar selfi sambil beristirahat. 

Curug Ceret berada di Desa Naringgul Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur. Dari Ciwidey ke curug ini jaraknya kurang lebih 45 km. Kecamatan Naringgul juga dikenal sebagai wilayah 'seribu curug' karena banyaknya curug seperti Curug Dengdeng, Curug Taraje, Curug Batu Ngomong, Curug Tutugan, dan termasuk di dalamnya Curug Ceret. Bahkan jika kita melakukan perjalan sepanjang Naringgul akan bisa dilihat begitu panjang curug yang mungkin belum memiliki nama.

0 Response to "Curug Ceret Naringgul Cianjur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel