Keutamaan Dzikir Dalam Membuka Pintu Rezeki



Dzikir

Allah memerintahkan kita untuk senantiasa berdzikir agar selalu ingat kepada-Nya. Sebagaimana Allah berfirman dalam surat Al-Ahzan ayat 41:

Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah dengan menyebut nama Allah dengan dzikir yang sebanyak-banyaknya.”

Dzikir memiliki berbagai keutamaan, salah satunya membuka pintu rezeki untuk siapa saja yang mengamalkannya. Berikut adalah kalimat dzikir yang diajarkan Rosulullah untuk membuka rezeki.

La haula wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil azhimi

Artinya:”Tiada daya upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung”.

Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis.

Barangsiapa yang lambat dating rezekinya hendaklah banyak mengucapkan – La haula wala quwwata illa billah”. (HR. At-Tabrani)


Membaca surat Al-Ikhlas

Sebagaimana dijelaskan dalam hadist.

Barang siapa membaca Surah Al-Ikhlas ketika masuk rumah maka berkat bacaan menghilangkan kefakiran dari penghuni rumah dan tetangganya.” (HR. At-Tabrani)


Membaca surat Al-Waqi’ah

Sebagaimana dijelaskan dalam hadist.

Barangsiapa membaca Surat Al-Waqi’ah setiap malam maka tidak akan ditimpa kesempitan hidup.” (HR. Al-Baihaqi dalam Syu’ab Al-Iman)


Amalan dzikir setelah sholat fardhu

Salah satu waktu yang paling tepat untuk berdzikir adalah setelah melaksanakan sholat wajib. Rosulullah mengajarkan setelah sholat fardhu untuk tidak langsung berdiri atau meninggalkan masjid. Setelah sholat fardhu, beliau melakukan sholat Sunnah rawatib dan berdzikir kepada Allah. Ajaran Rosulullah ini sebagaimana dijelaskan dalam hadist berikut.

Mengeraskan suara pada dzikir setelah sholat wajib sudah ada di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” Ibnu Abbas berkata, “Aku mengetahui bahwa sholat telah selesai dengan mendengar hal itu, yaitu jika aku mendengarnya.” (HR. Bukhori Muslim).

Selain itu, manfaat dari dzikir setelah sholat fardhu adalah mendapatkan ketenangan hati dan mengharapkan rahmat dari Allah SWT.

Allah SWT berfirman.

Alaa bidzikrillaahi tathma-innul quluub

Artinya: “…Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’du (13) : 28)

0 Response to "Keutamaan Dzikir Dalam Membuka Pintu Rezeki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel