EENBOT Robot Tahfiz UIN SGD Bandung


EENBOT (Electronic Humanoid Robot), merupakan robot tahfiz berbentuk humanoid karya Mada Sanjaya WS, Dosen Fisika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati Bandung meraih juara dalam lomba inovasi pembelajaran nasional. Tim robotika juga diisi oleh beberapa mahasiswa yakni Herman Permana, Deni Hafid F, Dyah Anggraeni, Madinatul Munawwaroh, Atip Juwardi, dan Rizki Multajam.

Robot tahfiz EENBOT menjadi juara pertama lomba inovasi karena dilengkapi berbagai kemampuan seperti dapat berbicara (story telling), berekspresi, mampu mengenali wajah manusia, dan yang paling utama robot ini dapat mengaji sehingga terdapat integrasi antara penguasaan sains teknologi dan keislaman.

Robot tahfiz EENBOT ini juga dapat dilengkapi dengan lengan robot (arm) serta motor roda sehingga dapat bergerak. EENBOT dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas melalui kemampuannya berbicara, bahkan untuk sekolah tingkat dasar sekalipun.

Sementara itu, untuk sekolah tingkat atas baik SMK maupun Madrasah Aliyah, robot tahfiz EENBOT dapat dijadikan media pembelajaran untuk mendalami ilmu robotika, mekatronika, dan pemrograman. Termasuk belajar internet of things (IOT), bahkan sampai pengetahuan mengenai artificial intelligence.

1 Response to "EENBOT Robot Tahfiz UIN SGD Bandung"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel