Teknologi Dan Keamanan Sistem

Pengertian Teknologi

Teknologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan alat, metode pengolahan, dan ekstraksi benda, untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan dan pekerjaan manusia sehari-hari. Ada juga yang menyebutkan bahwa arti teknologi adalah semua sarana dan prasarana yang diciptakan oleh manusia untuk menyediakan berbagai barang yang dibutuhkan bagi keberlangsungan dan kenyamanan hidup manusia itu sendiri. Secara etimologis, kata “teknologi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu “technologia” dimana kata tech berarti keahlian dan logia berarti pengetahuan.

Dahulu makna teknologi hanya terbatas pada benda-benda yang memiliki wujud, misalnya mesin dan peralatan. Namun maka teknologi mengalami perluasan dan tidak hanya terbatas pada benda berwujud saja tapi juga benda yang tidak berwujud, misalnya metode, ilmu pengetahuan, software, dan lain-lain. Sehingga pengertian teknologi adalah suatu cara, proses, alat, mesin, kegiatan ataupun gagasan yang dibuat untuk mempermudah berbagai kegiatan manusia.

Beberapa pengertian teknologi menurut para ahli, sebagai berikut:
1. Iskandar Alisyahbana
Menurut iskandar Alisyahbana, pengertian teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra, dan otak manusia.

2. Manual Castells
Menurut Manual Castells, pengertian teknologi adalah suatu alat, aturan, dan prosedur penerapan pengetahuan ilmiah untuk pekerjaan tertentu dalam kondisi yang dapat memungkinkan pengulangan. 


3. Gary J. Anglin
Menurut Gary J. Anglin, arti teknologi adalah penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan mensistem untuk memecahkan masalah manusia.

4. Jacques Ellil
Menurut Jacques Ellil, pengertian teknologi adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.

5. Merriam Webster
Menurut Merriam Webster, pengertian teknologi adalah penerapan pengetahuan praktis khususnya di bidang tertentu, cara menyelesaikan tugas terutama menggunakan proses teknis, metode, atau pengetahuan, dan aspek khusus dari bidang usaha tertentu.


Jenis-Jenis Teknologi

Hari ini teknologi telah menyentuh hampir semua bidang kehidupan manusia, adapun beberapa jenis teknologi adalah sebagai berikut: 

1. Teknologi Informasi
Teknologi informasi (TI) adalah suatu teknologi yang dapat membantu manusia dalam menyampaikan informasi kepada orang lain dalam waktu yang cepat. Beberapa produk yang termasuk dalam teknologi ini diantaranya; televisi, radio, media online, dan lainnya.

2. Teknologi Komunikasi
Teknologi komunikasi adalah suatu teknologi yang dapat membantu manusia dalam berkomunikasi satu sama lain dan saling mengirimkan informasi dengan menggunakan suatu perangkat khusus. Beberapa produk yang termasuk dalam teknologi komunikasi diantaranya; smartphone, mesin fax, email, aplikasi chatting, dan lainnya.

3. Teknologi Transportasi
Teknologi transportasi adalah suatu teknologi yang membantu manusia untuk beroindah tempat (transportasi) daru suatu lokasi ke lokasi lainnya dalam waktu yang cepat. Beberapa produk yang termasuk dalam teknologi ini diantaranya; kereta listrik, mobil, pesawat, kapal laut.

4. Teknologi Pendidikan
Teknologi pendidikan adalah teknologi yang berhubungan dengan dunia pendidikan dimana kegiatannya memanfaatkan alat bantu tertentu. Beberapa yang termasuk dalam teknologi pendidikan diantaranya; metode pengajaran terbaru, peralatan laboratorium sekolah, komputer, OHP, dan lainnya.

5. Teknologi Medis
Teknologi medis adalah suatu teknologi yang berkaitan dengan dunia kedokteran dimana kegiatan medis sudah memanfaatkan teknologi komputer. Beberapa produk yang termasuk dalam teknologi medis diantaranya; tensimeter, termometer tubuh, stetoskop, alat suntik dan infus, alat USG, alat X-Ray, dan lainnya.

6. Teknologi Konstruksi
Teknologi konstruksi adalah suatu teknologi yang berhubungan dengan struktur bangunan. Beberapa yang termasuk di dalamnya diantaranya; metode kerja, software gambar struktur (AutoCAD), alat-alat berat, dan lain sebagainya.


Manfaat Teknologi Bagi Manusia 

Pada dasarnya manfaat teknologi adalah untuk mempermudah dan mempercepat berbagai aktivitas manusia di berbagai bidang kehidupan. Mengacu pada pengertian teknologi, adapun beberapa manfaat teknologi adalah sebagai berikut: 

1. Bidang Informasi dan Komunikasi
Manfaat yang paling terasa dari teknologi di bidang infomasi dan komunikasi adalah proses yang mudah, cepat, dan murah. Bila dulu kita berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan surat, telepon rumah, dan telegram, sekarang kita dapat melakukannya dengan cepat melalui smartphone, aplikasi chatting, dan email.

2. Bidang Ekonomi dan Bisnis
Begitu banyak manfaat teknologi di bidang ekonomi seperti sekarang ini misalnya; keberadaan mesin ATM (Automated Teller Machine) dan internet banking yang memudahkan proses transaksi pembayaran. Selain itu, teknologi juga memudahkan proses delivery dengan adanya berbagai layanan ekspedisi yang memanfaatkan teknologi internet dan aplikasi mobile yang mempercepat pengiriman barang.

3. Bidang Pendidikan
Teknologi juga memberikan banyak manfaat dan kemudahan di bidang pendidikan. Salah satunya adalah keberadaan sistem pembelajaran e-learning system. Dengan sistem pemebelajaran terbaru ini, peserta didik tidak harus datang ke lokasi sekolah tapi cukup dengan membuka website atau aplikasi dan mengakses materi belajar secara online.

4. Bidang Transportasi
Teknologi telah memberikan banyak manfaat dan kemudahan di bidang transportasi, baik itu barang maupun manusia. Keberadaan berbagai jenis alat transportasi, seperti; mobil, sepeda motor, pesawat, dan kapal laut, membuat proses perjalanan manusia menjadi lebih mudah dan cepat.

5. Bidang Medis
Manfaat teknologi juga sangat dirasakan di bidang medis dimana penemuan berbagai metode, obat-obatan, peralatan, dan mesin terbaru dapat membantu dokter dan perawat melakukan pekerjaan mereka.


Keamanan Sistem

Keamanan sistem adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengamankan sebuah komputer dari gangguan dan segala ancaman yang membahayakan yang pada hal ini keamanannya melingkupi keamanan data, informasi atau pelaku sistem (user). Baik terhindar dari ancaman virus, spyware, ransomware, dan lain sebagainya.

Sistern komputer memiliki data-data dan informasi yang berharga, melindungi data-data ini dari pihak-pihak yang tidak berhak merupakan hal penting bagi sistem operasi, inilah yang disebut keamanan (security). Sebuah sistem operasi memiliki beberapa aspek tentang keamanan yang berhubungan dengan hilangnya data-data. Sistem komputer dan data-data didalamnya terancam dari aspek ancaman (threats), aspek penyusup (intruders), dan aspek musibah.


Macam-Macam Keamanan Sistem

Keamanan sistem terbagi menjadi 3, sebagai berikut: 

1. Keamanan eksternal, berkaitan dengan pengamanan fasilitas komputer dari penyusup, bencana, dll.

2. Keamanan interface pemakai, berkaitan dengan identifikasi pemakai sebelum mengakses program dan data.

3. Keamanan internal, berkaitan dengan pengaman beragam kendali yang dibangun pada perangkat keras dan sistem operasi untuk menjaga integritas progarm dan data.


Aspek-Aspek Keamanan Komputer

Inti dari keamanan komputer adalah melindungi komputer dan jaringannya dengan tujuan mengamankan informasi yang berada di dalamnya. Keamanan komputer sendiri meliputi beberapa aspek, antara lain:

1. Privacy, adalah sesuatu yang bersifat rahasia (private). Intinya adalah pencegahan agar informasi tersebut tidak diakses oleh orang yang tidak berhak. Misalnya, email atau file-file lain yang tidak boleh dibaca orang lain meskipun oleh administrator.

2. Confidentiality, merupakan data yang diberikan ke pihak lain untuk tujuan khusus tetapi tetap dijaga penyebarannya. Misal, data yang bersifat pribadi seperti, nama, alamat, no ktp, telpon dan sebagainya.

3. Integrity, lebih menekankan pada sebuah informasi yang tidak boleh diubah kecuali oleh pemilik informasi. Terkadang data yang telah terenskripsi tidak terjaga integritasnya karena ada kemungkinan chapter text dari enkripsi tersebut berubah. Misal, penyerangan integritas ketika sebuah email dikirimkan ditengah jalan disadap dan diganti isinya, sehingga email yang sampai ke tujuan sudah berubah.

4. Autentication, ini akan dilakukan sewaktu user login dengan menggunakan nama user dan passwordnya. Ini biasanya berhubungan dengan hak akses seseorang, apakah dia pengakses yang sah atau tidak.

5. Availability, aspek ini berkaitan dengan apakah sebuah data tersedia saat dibutuhkan/diperlukan. Apabila sebuah data atau informasi terlalu ketat pengamanannya akan menyulitkan dalam akses data tersebut. Disamping itu akses yang lambat juga menghambat terpenuhinya aspek availability. Serangan yang sering dilakukan pada aspek ini adalah denial of service (DoS), yaitu penggagalan service sewaktu adanya permintaan data sehingga komputer tidak bisa melayaninya. Contoh lain dari denial of service ini adalah mengirimkan request yang berlebihan sehingga memyebabkan komputer tidak bisa lagi menampung beban tersebut dan akhirnya komputer down.


Prinsip Pengaman Sistem Komputer 

1. Rancangan Sistem, seharusnya public tidak tergantung pada kerahasiaan rancangan mekanisme pengamanan.

2. Dapat Diterima, mekanisme harus mudah diterima, sehingga dapat digunakan secara benar dan mekanisme proteksi tidak mengganggu kerja pemakai dan pemenuhan kebutuhan otorisasi pengaksesan.

3. Pemeriksaan Otoritas, saat ini banyak sistem memeriksa izin ketika file dibuka dan setelah itu (operasi lainnya) tidak diperiksa.

4. Kewenangan, serendah mungkin program/pemakai sistem harusnya beroperasi dengan kumpulan wewenang serendah mungkin yang diperlukan untuk menyelesaikan tugasnya.

5. Mekanisme Yang Ekonomis, mekanisme proteksi seharusnya sekecil dan sesederhana mungkin dan seragam sehingga mudah untuk verifikasi.

0 Response to "Teknologi Dan Keamanan Sistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel