Ruh Yang Kembali Di Bulan Ramadhan

Apabila tiba waktu bulan Ramadhan semua ruh berkumpul di Lauh Mahfudz memohon kepada Allah SWT untuk bisa kembali ke bumi. Ada ruh yang di izinkan pulang ke bumi dan ada yang tidak di izinkan tergantung pada amalan masing-masing ruh semasa hidupnya.

Ruh yang di izinkan pulang adalah karena amalan baik mereka semasa hidup atau karena ada anak-anak yang mendoakan mereka. Akan tetapi ada juga ruh yang tidak di izinkan pulang ke bumi disebabkan kesalahan mereka semasa hidup, dan mereka akan terus terpenjara di Lauh Mahfudz.

Adapun yang akan dilakukan oleh ruh yang di izinkan pulang, diantaranya:
1. Terlebih dahulu pergi ke makam untuk melihat jasad mereka.
2. Mengunjungi rumah anak-anak mereka.
3. Mengunjungi orang yang mendapat harta pusaka mereka, dan mengunjungi rumah orang yang mendoakan mereka dengan harapan keluarga yang mereka lewati itu memberi hadiah untuk bekal mereka.

Hal tersebut terus berlanjut sampai tiba Hari Raya Idul Fitri. Pada saat itu mereka akan mengucapkan selamat tinggal kepada jasad dan pulang ke tempat semula yaitu Lauh Mahfudz dengan bekal yang di dapatkan dari keluarga mereka yang masih hidup.

Bisa kita ambil kesimpulan bahwasannya hikmah adanya alam kubur yaitu:
1. Alam kubur membuktikan adanya Allah SWT itu Maha Pengasih dan Penyayang.
2. Orang yang melakukan kesalahan semasa hiduonya dapat dibantu dengan doa dari orang-orang yang masih hidup.
3. Alangkah bahagianya jika seseorang yang telah meninggal selalu mendapat kiriman doa dari anak-anaknya dan orang yang masih hidup.

Untuk itu alangkah baiknya kita senantiasa mendoakan bahkan bersedekah atas nama orang yang sudah meninggal, baik orang tua maupun sanak saudara.

0 Response to "Ruh Yang Kembali Di Bulan Ramadhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel