Pengoperasian Kamera Digital dan Perawatan Peralatan Fotografi


Pengoperasian Kamera Digital
Kamera digital adalah kamera otomatis yang menggunakan format pengambilan gambar dan penyimpanan digital dengan ukuran kecil dan ringan sehingga mudah dibawa. Kamera digital pada umumnya memiliki karakter yang sama seperti kamera manual. Kamera digital telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kemampuan untuk menangani pencahayaan yang lemah dan fokus atas (close up).

Kamera digital memiliki komponen-komponen terpenting, komponen kamera digital diantaranya:
- Body kamera
- Lensa
- Tombol shutter (tombol menjepret)
- Memory card

Komponen tambahan;
- Lampu flash
- Pengatur speed
- Pengatur diafragma
- Pengatus ISO
- Pengatur fokus pada lensa


Berikut cara menggunakan kamera digital agar menghasilkan foto yang lebih bagus:

1. Aktifkan Kamera
Aktifkan kamera dengan menekan tombol On/Off, kemudian aturlah kamera pada mode otomatis. Untuk menghemat baterai matikan pembidik LCD dan gunakan pembidik optic yang tersedia.

2. Gunakan Flash
Lampu flash berfungsi untuk membekukan gerakan, dengan menggunakan flash untuk menerangi obyek foto yang membelakangi arah cahaya.

3. Hindari Zoom Digital
Untuk mendapatkan ketajaman dan kualitas foto yang baik, gunakan zoom optik untuk membidik obyek foto dari jarak jauh, dan hindari menggunakan zoom digital.

4. Memanfaatkan Scene Mode
Kamera digital pada umumnya sudah menyediakan mode otomatis untuk pemotretan landscape, portrait, serta night shot. Mode tersebut juga berfungsi untuk menyetel speed dan diafragma secara otomatis sesuai kondisi pemotretan.

5. Menggeser Fokus
Mencoba untuk menggeser fokus, dari fokus tengah kearah pinggir.

6. Gunakan Tripod
Gunakan tripod untuk menopang kamera agar tidak goyang saat melakukan pemotretan.

Untuk menghasilkan gambar yang berkualitas dan memiliki nilai seni, seorang fotografer harus menguasai teknik dasar dalam menggunakan kamera digital (DSLR). Teknik-teknik dasar tersebut meliputi komposisi objek yang baik, pencahayaan yang seimbang dan fokus yang tajam.


Perawatan Peralatan Fotografi 


Merawat Kamera

Merawat bagian luar kamera/casing merupakan bagian yang biasa dilakukan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan masuknya kotoran ketika akan membersihkan bagian dalamnya.
- Bersihkan bagian luar kamera dengan blower terlebih dahulu, untuk beberapa debu yang masih menempel dapat dipergunakan brush.
- Selanjutnya pergunakan lens cloth atau dry cloth.

Merawat Lensa
Lensa merupakan elemen terpenting untuk dapat menghasilkan gambar yang baik. Langkah yang dilakukan dalam merawat lensa diantaranya; tidak menyentuh lensa secara langsung dengan jari, gunakan lens hood untuk melindungi bagian depan lensa dari benturan sekaligus mencegah munculnya flare pada cahaya frontal menuju lensa, pasang lens cap ketika lensa sedang tidak dipergunakan, hal ini bertujuan mengurangi kemungkinan terpapar dan menempelnya debu pada permukaan lensa.

Merawat Baterai

Tidak membiarkan baterai terpapar suhu ekstrim diatas 43 ‘C, letakan baterai pada tempat yang sejuk. Tidak men-charge baterai secara berlebihan, jika charge telah menunjukkan baterai terisi penuh segera cabut. Charge baterai sebelum dan sesudah penyimpanan dalam jangka waktu lama.

Media Penyimpanan
Memori card berupa SD/Secure Digital, CF/Compact Flash, dan sebagainya, simpan kembali pada casingnya masing-masing setelah digunakan untuk melindungi dari debu. Dudukan flash dan kontak baterai flash perlu dibersihkan secara berkala untuk menghindari penumpukan kotoran.

Tas Kamera
Tas kamera merupakan media penyimpanan peralatan fotografi sewaktu bepergian, dengan demikian perawatannya juga mutlak dilakukan agar mampu melindungi peralatan fotografi. Berikut beberapa langkah perawatannya:
- Selesai dipergunakan, keluarkan isinya lalu bersihkan bagian dalam dan luarnya.
- Cuci tas kemara dalam jangka waktu berkala.

2 Responses to "Pengoperasian Kamera Digital dan Perawatan Peralatan Fotografi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel