Amalan Penting Persiapan Bulan Ramadhan

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan, ada beberapa amalan penting yang sebaiknya kita persiapkan, diantaranya:
1. Taubatan Nasuha
Taubat adalah jalan yang ditunjukkan oleh Allah SWT sebagai sarana agar para hamba-Nya memperbaiki diri atas dosa, maksiat, dan kesalahan yang telah mereka perbuat. Sebagaimana firman Allah berikut ini:

"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat nasuhaa (taubat yang semurni-murninya)." (QS. At-Tahrim, 66 : 8)

Oleh karena itu taubat, merupakan ibadah yang sangat agung dan memiliki banyak keutamaan. 

2. Ikhlas Lillahi Ta'ala
Ikhlas adalah sebuah kata yang mudah diucapkan namun tidak mudah dilaksanakan. Dalam hal apapun sebisa mungkin kita kerjakan dengan ikhlas agar hidup lebih tenang dan bahagia. 

3. Mengikuti Rosul SAW
Dalam firman-Nya Allah Azza Wa Jalla menyampaikan"
Katakanlah:"Ta'atilah Allah dan Rosul-Nya. Jika kalian berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak suka kepada orang-orang kafir." (QS. Ali-Imron : 32)

Ayat diatas mengandung makna, jika seseorang menyalahi perintah Rosul-Nya atau tidak berittiba' kepada Rosulullah SAW, maka dia telah kufur, dan Allah tidak menyukai orang yang memiliki sifat demikian, meskipun dia mengaku dan mendakwahkan kecintaannya kepada Allah, sampai ia mengikuti Rosulullah SAW.

4. Memperbanyak Amal Saleh
Sibukkanlah dirimu dalam berbagai amal ketaatan dan atau amal ibadah. Secara umum setiap muslim melakukan amal soleh dengan tujuan untuk mendapatkan pahala dan masuk surga. Sebagaimana firman Allah berikut ini:
"Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan." (QS. An-Nahl : 97)  

5. Membaca Alqur'an
Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an berikut ini:
"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi". "Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesunguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri." (QS. Fathir : 29-30) 

6. Memperbanyak Sedekah
Sedekah termasuk sebab utama datangnya keberkahan dan dilipatgandakannya rezeki. Sebagaimana firman Allah berikut ini.
"Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah." (QS. Al-Baqarah : 276)

Makna ayat "Allah menyuburkan sedekah" adalah memperbanyak dan mengembangkannya di dunia. Sedangkan di akhirat, Allah menjaganya semenjak di keluarkan harta tersebut untuk infak.

7. Menjaga Lisan, Pendengaran, dan Penglihatan
Menjaga lisan agar selalu berbicara baik. Allah Azza Wa Jalla berfirman dalam Al-Qur'an:
"Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan dimintai pertanggungjwaban." (QS. Al-Isra' : 36)

0 Response to "Amalan Penting Persiapan Bulan Ramadhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel