Instal dan Update Program Antivirus

Antivirus yang sudah di update adalah kebutuhan mutlak bagi seluruh perangkat yang digunakan untuk kegiatan resmi beberapa lembaga negara. Hal ini termasuk komputer yang menggunakan sistem operasi Windows atau MacOS, serta smartphone Android maupun iPhone.

Direkomendasikan untuk menggunakan antivirus Windows Defender pada Windows 10 (https://goo.gl/AVzLS9). Komputer yang masih menggunakan Windows 7 atau Windows 8 sebaiknya menggunakan Avast (https://goo.gl/wvwYLe) atau AVG (https://goo.gl/DHez77).

Telepon seluler (ponsel), smartphone (Android dan iPhone), dan komputer dengan sistem operasi MacOS juga tetap membutuhkan antivirus. Untuk ponsel dan smartphone direkomendasikan menggunakan Kapersky, https://goo.gl/BWehjE, Avast, https://goo.gl/9gqt7X or AVG https://goo.gl/ADHbga.

Disarankan hanya unduh software dari situs resmi pembuatnya. Ini sangat penting, terutama terkait antivirus, karena seringkali jika diunduh dari sumber tidak resmi, software yang diunduh tersebut sudah dimodifikasi oleh pihak lain untuk merubah kinerjanya, membuat kita merasa aman karena telah terlindungi, padahal sebetulnya belum terlindungi secara maksimal dan masih rentan terhadap celah keamanan.

Beberapa definisi aplikasi yang perlu kita waspadai di internet
1. Perangkat Pengintai (spyware)
Merupakan sebuah aplikasi tanpa kita sadari, secara diam-diam mengirimkan informasi kita ke pihak lain tanpa seizin kita.
Trojan, yaitu program yang menciptakan celah keamanan (semacam pintu belakang) pada komputer kita dan menyediakan akses bagi penyerang untuk masuk ke komputer atau sistem kita. Hal ini membuat informasi yang bersifat pribadi ataupun rahasia dapat diakses, diambil, dikirimkan dan jatuh ke tangan yang tidak semestinya.

2. Keylogger
Merupakan jenis trojan yang membaca dan menyimpan semua ketikan di keyboard kita lalu mengirimkannya ke server di tempat lain. Pemasang keylogger yang memiliki akses ke server tersebut dapat mengetahui semua informasi ketikan keyboard kita, termasuk nama akun (username), password, situs yang kita buka, dan aktivitas lain yang kita lakukan di komputer tersebut.

3. Firewall
Merupakan sebuah program yang berfungsi menghalau arus data internet yang tidak kita kehendaki. Firewall dapat mencegah terjadinya instalasi program jahat yang dilakukan tanpa sepengetahuan kita. Terkadang, ponsel ataupun situs internet yang telah terinfeksi oleh virus akan secara otomatis mencoba menginstal malware ke komputer kita ketika kita mengunjunginnya. Firewall dapat dengan cepat memberitahukan kita jika hal ini terjadi, memberikan kita kesempatan untuk menghentikan proses instalasi tersebut. Firewall juga dapat secara otomatis memblokir proses instalasi tersebut berdasarkan database yang dia miliki.

4. Ransomware (perangkat pemeras)
Merupakan sejenis software jahat yang akan melakukan penyandian (enkripsi) terhadap file dalam hard disk komputer kita sehingga kita tidak dapat mengaksesnya kecuali kita membayar dengan sejumlah uang tebusan tertentu, biasanya pembayaran tebusan menggunakan Bitcoin.



0 Response to "Instal dan Update Program Antivirus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel