Kawah Unik di Kamojang Garut


Kamojang terletak di Kecamatan Samarang, di bawah pertemuan lereng Gunung Papandayan dan Gunung Guntur Kabupaten Garut. Kawasannya bersuhu cukup dingin dan memiliki banyak kawah unik yang menyemburkan uap air panas. Beberapa kawah Kamojang dikelola secara komersial oleh perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Informasinya, uap yang menyembur dari kawah-kawah Kamojang sangat baik bagi kesehatan kulit. Banyak pengunjung yang berdatangan sengaja mandi uap beraroma belerang. Uap mengepul dari air yang menggelegak. Panasnya bisa untuk merebus telur dan mematangkannya dalam waktu kurang lebih 10 menit.

Kawah-kawah yang terdapat di Kamojang memiliki nama masing-masing. Contohnya, Kawah Manuk, kawah pertama yang akan terlihat saat kita berkunjung dan memasuki kawasan wisata Kamojang. Selanjutnya Kawah Kereta Api, sebuah kawah yang unik dimana hanya terlihat semburan uap berwarna putih dan bergemuruh seperti lokomotif kereta api. Selanjutnya ada Kawah Hujan yang menyemburkan uap lembut seperti hujan gerimis. Lalu kawah Beureum, kawah terakhir yang berada di kawasan wisata Kamojang.


Di sekitar Kawah Kamojang terdapat pemandian air panas terbuka, juga terdapat hutan pinus yang rimbun berjajar, ada juga danau alam Ciharus yang bersejarah. Dimana kawasan sekitar danau yang berada di kaki Gunung Rakutak, pada Juni 1962 gembong pemberontak DI/TII Kartosuwiryo tertangkap oleh pasukan Kujang Siliwangi Batalyon 328 pimpinan Letda Suhanda. Berakhirlah kekerasan bersenjata di Jawa Barat yang sudah berlangsung sejak 1949.

1 Response to "Kawah Unik di Kamojang Garut"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel