Modul Multimedia, Ilmu Fotografi

Ilmu Fotografi
Oleh. M. Yuga Wira Praja A.


Fotografi bukan sekedar soal bagaimana cara menekan tombol shutter. Fotografi juga tergolong seni yang rumit. Ia bukan hanya sekedar hobi melainkan rasa dan inovasi karya yang selalu berkembang.

Belajar fotografi sebaiknya step by step, jangan terlalu cepat melangkah ke tahap yang sulit jika tak tahu dasarnya dimulai dari mana. Karena itu hanya akan membuat kita bertanya-tanya, bingung, dan akhirnya kita akan kembali ke tahap awal.


a. Mengenal Kamera

Pertama kali adalah mengenal bagian-bagian penting kamera dan juga fitur serta kemampuan kamera kita. Sebagai fotografer sudah seharusnya kita menyatu dengan kamera. Kenali dan pelajari fungsi dari tiap-tiap tombol yang tersebar di kamera kita.

b. Cara Menekan Tombol Shutter
Tombol shutter adalah tombol yang kita tekan untuk mengambil gambar (memotret). Cara menekan tombol shutter pada kamera DSLR berbeda dengan cara menekan tombol shutter pada kamera ponsel atau smartphone.

c. Mengenal Eksposur (Exposure)

Eksposur merupakan nyawa dari fotografi. Disarankan kita untuk mengetahui dan menguasai apa saja yang berkaitan dengan eksposur. Ada tiga elemen pembentuk eksposur (segitiga eksposur) yaitu:

- Shutter speed
- Aperture / diafragma
- ISO

d. Mengenal Mode Pemotretan

Semua kamera DSLR menyediakan pilihan pengoperasian kamera, mulai dari yang mudah (auto) sampai kepada pilihan pengoperasian manual, dan semua pilihan tersebut dinamakan sebagai mode/modus pemotretan.

e. Pengetahuan Tentang Lensa DSLR

Kamera terbagi menjadi dua yaitu, bodi dan lensa yang dihubungkan ke bodi kamera.

- Jenis-jenis lensa
- Kode pada lensa
- Cara menggunakan focus pada lensa
- Fungsi image stabilization atau stabilizer

f. Mengatur Fokus di Kamera

Penggunaan focus tidak hanya menyangkut soal lensa saja. Ada pengaturan tambahan yang perlu kita pahami cara kerjanya untuk bagaimana focus itu benar-benar bekerja maksimal antara lensa dan kamera.

- Cara mengatur AF point atau titik area focus
- Cara mengatur AF mode

g. Settingan Kamera

Selain segitiga eksposur, ada beberapa pengaturan kamera yang perlu kita kuasai dan ini berhubungan erat dengan hasil pemotretan atau kata lain mendukung hasil pemotretan atau kata lain mendukung hasil foto dan kreasi kita nantinya.

- Macam-macam jenis shooting pada drive mode
- White balance (WB) dan cara penggunaannya
- Picture style dan cara menggunakannya


Sumber :
https://kelasfotografi.com/pemula/10-pengetahuan-dasar-fotografi-perlu-anda-pelajari/

0 Response to "Modul Multimedia, Ilmu Fotografi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel