Nifsu Sya'ban, Amalan Yang Dianjurkan


Nifsu Sya’ban

Menjelang bulan Ramadhan, yang akan jatuh pada tanggal 1 April 2022 umat Islam akan melalui bulan Sya’ban terlebih dahulu. Bulan sya’ban dimulai pada jum’at (4/3). Di bulan sya’ban ini terdapat peringatan malam nifsu sya’ban, yang diperingati setiap malam ke 15 bulan sya’ban. Malam nifsu sya’ban akan jatuh pada tanggal 18 Maret 2022 atau 17 Maret 2022 setah maghrib.

Bulan sya’ban berada di antara bulan Rajab dan bulan Ramadhan. Karena berada diantara dua bulan mulia, sya’ban kerap terabaikan. Padahal dalam bahasa Arab, ‘sya’ban’ berasal dari kata syiab yang berarti jalan di atas gunung. Dalam tradisi Islam, sya’ban dijadikan waktu untuk menemukan jalan mencapai kebaikan.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, barang siapa yang memberitahukan berita datangnya bulan sya’ban kepada yang lain, maka haram api neraka untuknya. Oleh karena itu, bulan sya’ban termasuk di dalamnya Nifsu Sya’ban 2022 ini merupakan persiapan memasuki bulan suci Ramadhan.

Bulan sya’ban alangkah baiknya diisi dengan mengumandangkan do’a juga amalan yang mempu mempertebal keimanan. Sementara malam nifsu sya’ban seringkali dilakukan bersama di masjid, namun dalam kondisi yang masih pandemic sepeti sekarang ini bisa dilakukan di rumah masing-masing.

Beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada bulan sya’ban dan malam nifsu sya’ban, karena bulan sya’ban merupakn bulan yang penuh rahmat. Adapun beberapa amalan yang baik dilakukan pada saat malam nifsu sya’ban:

1. Shalat sunah
Nifsu sya’ban dapat dimulai dengan melakukan sejumlah shalat sunah. Shalat sunah yang dianjurkan adalah shalat taubat, sholat hajat, dan shalat tasbih.

2. Membaca surat Yasin tiga kali
Melanjutkan dengan membaca surat Yasin sebanyak tiga kali. Surat Yasin pertama dibaca untuk memohon panjang umur dan ketaatan serta ketakwaan dan istiqamah kepada Allah SWT. surat Yasin kedua dibaca untuk memohon diluaskan rezeki yang halal dan menolak bala. Sedangkan surat Yasin yang ketiga dibaca untuk memohon ditetapkannya iman Islam hingga akhir hayat.

3. Memperbanyak istighfar dan berdzikir kepada Allah
Dilakukan dengan membaca:
- Istighfar 100x
- Tahmid dan takbit 100x
- Shalawat atas nabi 100x
- Dan dzikir-dzikir lainnya

4. Memanjatkan do’a
Tidak ada doa khusus yang dibacakan saat malam nifsu sya’ban, setiap umat Islam dapat berdoa apa saja kepada Allah SWT.

5. Meminta maaf
Dianjurkan pada malam nifsu sya’ban untuk bertaubat dan meminta maaf kepada orang lain, terlebih kepada kedua orang tua.

Sesungguhnya Allah melihat pada pertengahan Sya’ban. Maka dia mengampuni semua mahluk, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.” (hadis dari Abu Musa Al-Asy’ari)

0 Response to "Nifsu Sya'ban, Amalan Yang Dianjurkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel