Sumber Air Panas Abadi, Gunung Guntur Garut


Gunung Guntur berada di Desa Sirnajaya, Tarogong Kaler Kabupaten Garut. Letaknya tidak jauh dari jalan raya nasional Bandung-Garut. Gunung Guntur memiliki ketinggian 2.249 mdpl. Gunung Guntur merupakan gurung berapi paling aktif di Pulai Jawa pada dekade 1800-an. Akan tetapi sejak saat itu aktivitasnya menurun. Erupsi Gunung Guntur pada umumnya disertai dengan lelehan lava, lapili, dan objek material lain.

Letusan Gunung Guntur berkaitan dengan legenda perseteruan antara Putri Rambutkasih dan adiknya, Ranggalawe, penguasa Timbanganten. Perseteruan tersebut berakhir damai tatkala Gunung Guntur menunjukan tanda-tanda akan meletus. Begitu kakak beradik tersebut berdamai dan saling memaafkan, letusan urung terjadi. Keadaan kembali normal dan tenang seperti sedia kala.

Gunung Guntur berdekatan dengan gunung-gunung lain yang mengelilingi Kota Garut. Di sebelah selatan ada Gunung Putri yang berhadapan dengan Gunung Cikuray dan Gunung Papandayan. Di sebelah barat ada Gunung Masigit, Gunung Parupuyan, dan gunung lainnya.

Untuk para wisatawan yang ingin berkunjung dan bermalam di sekitar Gunung Guntur tak perlu kawatir, karena di Kecamatan Tarogong Kaler tersedia banyak hotel dan penginapan. Bahkan tempatnya dilengkapi fasilitas pemandian air panas yang sumber air panasnya di dapatkan dari Gunung Guntur.

Pemandian air panas itu sudah terkenal sejak awal abad ke 19. Hingga sekarang, pemandian air panas terus berkembang menjadi salah satu destinasi wisata yang berkembang pesat dan terkemuka di Kabupaten Garut.

0 Response to "Sumber Air Panas Abadi, Gunung Guntur Garut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel