Sedekah! Dibalas, Langsung Berproses


Sedekah diambil dari kata bahasa Arab yaitu “shadaqah”, berasal dari kata sidq (sidiq) yang berarti “kebenaran”. Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah SWT. hal ini dibuktikan dengan banyaknya ayat Alqur’an yang menyebutkan tentang sedekah, salah satunya dalam surat Al-Baqarah ayat 271 berikut ini.

jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (Qs. Al-Baqarah: 271).


Dibalas, Langsung Berproses
Mengutip dari buku Percepatan Rezeki Ippho Santosa, dalam 40 hari dengan otak kanan. Lantas apakah mungkin sedekah ditunda balasannya, mari kita simak ilustrasi berikur ini.
- Pertama, di kitab suci berulang kali tertulis, bersedekah itu seperti memberi pinjaman yang baik kepada Allah. Tentulah Dia akan langsung membalas –kontan- karena mustahil Dia sampai berutang.
- Kedua, bukankah perhitungan-Nya sangat cepat
- Ketiga, bukankah sifat-Nya Maha Menyegerakan?

Terkadang ada yang menggerutu setelah bersedekah, “Tapi, kadang kok lama balasannya?” hmm.. sebenarnya tidak begitu. Katakanlah, Anda seorang pemilik restoran di Palembang.
- Pada hari selasa, anda bersedekah. Yah, lumayan besar.
- Pada hari senin, sehari sebelumnya, tanpa sepengetahuan Anda, di Jakarta di perusahaan EnterTrend, seorang menajer senior mengadakan rapat dengan timnya. Mereka tengah menimbang-nimbang kota yang tepat untuk menyelenggarakan rapat tahunan. Hari itu, mereka belum memutuskan.
- Pada hari selasa, keesokan harinya, barulah mereka memutuskan untuk menyelenggarakan rapat tahunan di Palembang, karena berbagai alasan.
- Pada hari rabu, salah seorang dari mereka menelepon biro perjalanan di Palembang, terkait rapat tahunan tersebut.
- Pada hari kamis, biro perjalanan tersebut menelepon hotel dan event organizer (EO) setempat. Mereka berbagi job.
- Pada hari jum’at, si EO menerima uang muka dari perusahaan EnterTrend melalui biro perjalanan itu.
- Pada hari sabtu, si EO menelepon Anda, memesan catering dari restoran Anda, dan memberi Anda uang muka.
- Coba perhatikan baik-baik. Pada hari Anda bersedekah, pada hari selasa, sebenarnya sedekah Anda sedang ‘bekerja’. Hanya saja, Anda yang belum ngeh. Anda baru ngeh empat hari kemudia, pada hari sabtu, ketika si EO menelepon Anda.
- Itu artinya, sedekah Anda langsung dibalas pada hari itu juga! Sama sekali tidak ada penundaan! Istilahnya, gak pakai lama!
- Jadi, adalah buruk jika kita masih berpikir sedekah kita ditunda balasannya. Adalah sangat buruk jika kita masih berpikir sedekah kita tidak dibalas.
- Makanya, setiap kali kita bersedekah, tetaplah berbaik sangka kepada-Nya. Jangan sampai karena ilmu kita yang terbatas, kita malah berburuk sangka kepada-Nya. Jangan sampai!

0 Response to "Sedekah! Dibalas, Langsung Berproses"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel