Pengertian Platform dalam Dunia Komputer


Dalam disiplin ilmu komputer maupun ilmu elektronika disebutkan bahwa arti platform adalah tempat berjalannya sistem teknologi. Platform adalah dasar dari sebuah sistem teknologi yang berupa software maupun hardware. Disamping itu platform adalah rangkaian kombinasi kerja sebuah hardware dan software. Hal tersebut membuat aplikasi hasil kombinasi dapat berjalan dengan lancar. Jadi secara sederhana, platform adalah komponen yang penting untuk mengembangkan serta menjalankan perangkat lunak.

Secara umum, platform mempunyai dua fungsi utama yakni sebagai rencana kerja dan juga media untuk menjalankan software atau aplikasi. Berikut adalah beberapa fungsi dari platform:

1. Wadah Menjalankan Aplikasi/Software
Fungsi utama platform adalah untuk mempermudah user atau penggunanya dalam menjalankan aplikasi atau software. Platform terbagi menjai dua jenis, yaitu platform yang bekerja dengan kombinasi software dan hardware serta platform yang hanya bekerja dengan software seperti Java, PHP, C++, dan lain sebagainya.

2. Rencana Kerja
Platform juga berfungsi sebagai rencana kerja, sehingga platform merupakan sebuah sistem yang mampu mengkoordinasikan program-program komputer dan memberikan perintah untuk memproses data.


Terdapat dua jenis platform yang umum digunakan sebagai media aplikasi, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut dua jenis platform dan penjelasannya.

1. Single Platform
Platform yang dirilis untuk satu perangkat manufaktur serta platform yang mampu digunakan oleh banyak manufaktur. Platform yang hanya bisa digunakan untuk satu manufaktur misalnya Blackberry dan iOS. Seperti kita ketahui bahwa platform blackberry hanya bisa dijalankan di perangkat blackberry saja, begitu pula dengan platform iphone yang hanya bisa dijalankan pada perangkat iphone saja.

Blackberry merupakan salah satu vendor smartphone yang cukup mendominasi di kawasan Amerika Utara, sedangkan iOS adalah platform yang dirilis khusus untuk perangkat iPhone dan iPod.

2. Multiple Platform
Jenis platform multimanufaktur ini bisa dipakai oleh banyak manufaktur contohnya Java dan juga Android dimana kedua platform ini bisa dijalankan di berbagai perangkat entah itu smartphone maupun PC atau komputer. Dimana Android adalah platform dengan kernel linux dan sebuah sistem operasi yang banyak dipakai oleh vendor smartphone. Sedangkan Symbian adalah sistem open source yang dulu pernah digunakan Nokia sebagai sistem operasi pada setiap ponsel yang dirilisnya sebelum akhirnya tergeser oleh kehadiran Android.

Selain dua platform diatas, masih terdapat banyak lagi platform yang bisa digunakan oleh beberapa perangkat manufaktur sekaligus seperti Net., BREW, dan Window Mobile.

0 Response to "Pengertian Platform dalam Dunia Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel